Air Purifier Yang Bagus – Review : Atmosphere by Amway

Air purifier itu apa sih? Fungsinya untuk apa?

Air purifier itu adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyaring udara kotor dan mengubahnya menjadi bersih. Udara kotor yang masuk ke dalam air purifier akan disaring oleh beberapa lapisan penyaring yang terdapat di dalam alat pembersih udara/air purifier dan akan mengeluarkan udara yang bersih.

Nama lainnya air purifier biasa orang nyebutnya saringan udara/pembersih udara/alat penyaring udara, pokoknya intinya alat untuk membersihkan udara. Hehe.

Ada banyak merek dan jenis air purifier yang ada di pasaran. Di postingan ini, aku akan mencoba mereview air purifier yang bagus yang aku gunakan sendiri. Jadi kamu bisa punya gambaran gimana kira-kira air purifier yang bagus itu.

__________________________________________________________________________________________

 

Nama : Atmosphere Air PurifierAir Purifier Amway

Beli di : Amway (yes, Amway yang Multilevel Marketing)

Harga : 17jt-an

Rating : 10/10

 

Waktu itu di kota kami tercinta Pekanbaru, lagi terkena musibah kabut asap yang cukup parah. Aku sampai tutup semua pintu dan jendela, biar asapnya nggak masuk ke rumah, tapi tetap saja ya masuk, meskipun nggak separah di luar. Di berita juga muncul terus banyak orang yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) kayak batuk, sesak, dll. Waduh, jadi makin panik aku. Soalnya anak aku waktu itu masih beberapa bulan, belum setahun la. Kita yang orang dewasa saja hampir nggak tahan sama kabut asap yang diindikator kebersihan udara menyatakan “Sangat Tidak Sehat”, apalagi anak-anak ya.

Sebelum membeli air purifier Atmosphere ini sebenarnya aku sudah punya air purifier merek lalin, tapi aku merasa kayaknya kemampuan untuk menyaring udaranya nggak begitu maksimal dan biar ada tambahan alat penyaring udara untuk diletakkan satu di kamar dan satu lagi di ruang keluarga, dimana kami banyak menghabiskan waktu, biar nggak perlu dipindah-pindahin terus kalau kami pindah tempat juga (hehe).

Cari-cari info, air purifier yang bagus, kebetulan mama aku pakai air purifier atmosphere. Dari rekomendasi Mama aku, maka aku putusin untuk beli air purifier ini,  apalagi dikasih tau bisa dibeli dengan program cicilan. Bisa dicicil sampai 12x dengan pembayaran sebulan sekali, berarti cicilannya selama setahun. Mengingat harganya yang muahal, sekitar 17jt-an, pasti nggak mungkin kalau aku beli cash dengan harga full begitu.

Dikasih kontak agen/distributor Amway (Yes, Amway ini MLM ya, jadi belinya melalui distributornya) untuk membantu pengurusan pembelian air purifier ini dengan program cicilan. Setelah ngambil produknya, langsung cepat-cepat bawa pulang dihidupin di rumah. Memang membantu sekali ya, udara yang tadinya cukup berat untuk dihirup jadi agak ringan. Ibaratnya persentase udara kotornya 100%, setelah disaring oleh air purifier ini jadi 20-30% kotornya (ini angkanya ngasal ya, perumpamaan saja, bukan angka pasti). Kan agak lumayan ya, daripada harus ngirup udara yang “Sangat Tidak Sehat”, setelah disaring mungkin udaranya menjadi “Kurang Baik”.

Karena waktu itu memang udaranya sangat sangat parah, kalau kamu yang tinggal di Pekanbaru, pasti tau gimana rasanya. Mau ngungsi ke luar kota pakai pesawat juga nggak bisa, karena pesawat nggak boleh terbang. Jadi terpaksalah di rumah saja. Salah satu solusinya ya beli saringan udara ini. Setau aku, di toko-toko elektronik, saringan udara laku banyak karena banyak diserbu. Untuk yang dijual di toko-toko elektronik sih kisaran harganya sekitar 4-5 jutaan. Yang aku pernah beli sekitar 4jtan. Itu aku belinya juga karena bencana kabut asap tahun sebelumnya, tapi nggak separah kabut asap yang ini.

 

Aku taro di mana air purifiernya?

Taro di kamar ya, karena aktifitas kami kebanyakan di kamar, terutama tidur kan waktunya panjang tuh sekitar 8 jam dan sebelum waktu tidur biasanya kita uda di kamar, boleh di katakan, waktu kita 2/3 hari dihabiskan di kamar kalau sedang di rumah. Soalnya air purifiernya berat bo, kalau mau dipindah-pindah, aku sendiri sih nggak sanggup mindahinnya harus minta tolong pak suami. Karna repot pindah-pindah, makanya hampir nggak pernah dipindahin dan cuma ditaruh di kamar saja.

 

Aku pake air purifiernya kapan saja sih?

Aku nyalain air purifiernya 24 jam non stop saat kabut asap. Tapi setelah udara normal, aku juga nyalainnya hampir 24 jam, kadang-kadang saja kalo mau keluar rumah, dimatiin (itu pun kalau ingat). Apalagi sekarang tinggal di rumah pinggir jalan, otomatis paparan debunya lebih tinggi. Terlebih lagi kami tidurnya di kamar depan ngadap ke jalan ya, yang jendelanya selalu kami buka kalau pagi – sore. Kalau dinyalain, pasti indikator udaranya merah terus. Mungkin karena debunya nggak habis-habis. Hehe.

 

Pembersih Udara AmwayMemiliki saringan/pembersih udara sangat membantu untuk keluarga kecil kami, terutama karena suami saya punya alergi debu. Saya sendiri juga pernah alergi seafood (ga nyambung ya). Yang kata dokter, kalau salah satu orang tuanya alergi, resiko anak keturunan alergi mungkin sekitar 25-50%, kalau kedua orang tuanya alergi makanya sang anak beresiko 75% bisa alergi juga. Terlebih lagi kedua adik aku, alergi debu juga (tepok jidat). Makanya aku uda wanti-wanti anak aku bakal alergi nggak ya. Alergi itu sangat sensitif ya, apalagi alergi debu, yang notabene ada di mana-mana. Kalau alergi makanan kita masih bisa secara sadar menghindarinya dengan nggak makan makanan pemicu alergi/alergan. Nah tapi kalau debu agak susah ya, karena debu juga ada diudara yang pasti kita hirup sebelum akhirnya jatuh dan menempel ke benda-benda yang ada di rumah/lantai.

 

Fitur / Fungsi Tombol Yang Ada di Air Purifier (Dari Kiri Ke Kanan)

Dari paling kiri ada gambar yang mirip komponen penyaring air purifier, itu adalah indikator yang memberitahukan kita kalau saringannya sudah kotor dan harus dibersihkan atau saringannya sudah harus diganti. Jadi kalau salaha satu titik yang di bawah gambar saringan itu nyala, kita dikasih tau sama air purifiernya, hey, ini saringannya sudah kotor lo, sudah saatnya dibersihkan. Lampunya akan nyala terus sampai kita buka, bersihkan saringannya dan pasang kembali. Kalau sudah bersih, maka lampunya nggak akan nyala lagi.

Kemudian ada beberapa tombol yang ada di air purifiernya seperti :

Saringan Udara

  • Timer

Tombol Timer ini berfungsi untuk mengatur waktu air purifiernya menyala. Misalnya kamu taruh di ruang tamu dan kamu nyalain pas nonton tv malam hari, kamu nyalain aja fungsi timer ini sesuai waktu kira-kira kamu menonton. Biasanya kalau ngantuk, suka lupa matiin peralatan listrik yang masih nyala seperti air purifier ini. Jadi setelah mencapai waktu yang kamu setel tadi, air purifiernya akan otomatis mati sendiri.

 

  • Speed

Tombol Speed ini memungkinkan kita untuk mengatur kecepatan kipas saringan air purifier sesuai keinginan kita. Terdapat 5 tingkatan kecepatan yang bisa kamu pilih dari yang paling kecil hingga paling besar. Untuk kecepatan paling kecil, suara kipasnya hampir tidak terdengar. Semakin tinggi kecepatan kipasnya, semakin besar juga suara yang dihasilkan kipasnya. Untuk kecepatan yang paling besar, memang suaranya terdengar agak sangat besar ya. Memang awalnya mungkin kurang terbiasa mendengarnya, tapi lama-lama terbiasa juga dengan suaranya.

 

  • Turbo

Tombol Turbo ini kalau kita hidupkan, maka kecepatan kipasnya langsung yang paling besar. Aku rasa Tombol Turbo = Speed Paling Besar, tapi nggak kurang tahu juga kalo ada bedanya. Kalau setau aku sih begitu dipencet tombol Turbo, tombol Speed pada kecepatan yang paling besar.

 

Ini sih gunanya untuk membersihkan ruangan dalam waktu yang lebih singkat. Misalnya ni kalo kita habis masak, kadang banyak asapnya, nah, begitu nyalain tombol Turbo, asap yang di udara akan disedot dan dibersihkan, sehingga udara yang keluar dari air purifier adalah udara yang bersih. Tidak lama setelah nyalain tombol turob, asap akan hilang. Kalau pakai speed yang lebih rendah (misalnya speed 3), maka waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan udara lebih lama dibandingkan kalau kita pakai speed full / paling besar / speed 5 / turbo.

 

Kalau kita nyalain tombol Turbo, maka kecepatan kipas tetap pada kecepatan full/speed paling besar, meskipun udara sudah bersih. Kita harus pencet lagi untuk mematikannya. Jadi aku jarang gunakan tombol ini sih. Berikutnya aku jelasin tombol yang paling sering aku gunakan.

 

  • Auto

Nah, ini tombol yang selalu aku gunakan ya. Tombol Auto ini punya sensor otomatis yang bisa nyesuaian kerja / speed kipas saringan sesuai dengan tingkat kebersihan udara di sekitarnya. kalau misalnya udaranya tetiba kotor atau banyak debu berterbangan, biasanya kalo kita lagi nyapu, kan banyak tu debu berterbangan, maka otomatis kipas saringan berada pada speed paling besar, pelan-pelan speed akan turun sampai speed yang paling rendah kalau keadaan udara sudah normal/bersih.

 

  • Power (On & Off)

Ga dijelasin juga pasti kamu sudah tau lah ya fungsi tombol ini untuk apa. Tombol yang pasti ada disetiap alat elektronik, ya iya lah. Tombol untuk menghidupkan dan mematikan alat elektronik. Kalau nggak ada tombol ini, gimana nyalainnya coba. Hehe.

 

Pro (Yang Aku Sukai) :

  • Wattnya nggak gede. Pemakaian listriknya cukup hemat ya, kayaknya kurang lebih sama saja kayak kipas angin biasa untuk pemakaian listriknya, atau lebih tinggi sedikit saja. Jadi nggak memberatkan tagihan listrik meskipun terus-terusan dihidupkan.
  • Gampang dibersihkan. Ini ni masalah yang lumayan krusial, masalah membersihkannya, kalau membersihkannya ribet pasti bikin males ya, kayak slow juicer yang banyak amat komponen-komponennya, ngingat ribetnya ngebersihinnya kadang bisa bikin males untuk makenya. Untungnya air purifier ini gampang dibuka dan dibersihinnya.
  • Perawatannya juga gampang, tinggal dibersihkan secara rutin saja. Sudah sepaket sama point di atas. Hehe. Selama ini nggak ada perawatan khusus sih. Cuma dijuga jangan sampai kena air ya, misalnya tumpahan/genangan air ya.

Kontra (Yang Kurang Aku Sukai) :

  • Harganya mahal. Untuk produk sejenis, air purifier ini harganya termasuk wow alias mahal sekali. Karena mendapat kemudahan cicilan 12x untuk pembeliannya makanya aku bisa beli, kalau disuruh beli cash, mungkin aku nggak akan beli deh. Bayangin aja ngeluarin uang 17jtan untuk sebuat alat pembersih ruangan untuk kami yang budgetnya bisa dibilang pas-pasan. Tapi karena bisa dicicil dan dihitung-hitung pake kalkulator (haha) masih bisa sanggup nyicilnya, ya sudah la ambil saja. Karena waktu itu keadaannya mendesak juga. Kena bencana kabut asap, yang aku pikirin waktu itu adalah anak aku. Kalau nggak ma sebodo amat. Orang dewasa ma lebih tahan ya, kalo anak-anak kan kasian.
  • Berat. Satu lagi yang aku nggak suka dari air purifier ini karena berat dan nggak ada roda di bawahnya ya. Jadi aku susah mau pindah-pindahin, kalau geser-geser dikit masih bisa. Tapi kalau disuruh angkat nggak sanggup bo. Harus minta tolong pak suami untuk ngangkat kalau mau dipindahin.

Kesimpulannya :

Air purifiernya ini rekomen untuk punya di rumah bagi kamu yang lagi nyari air purifier Atmosphere by Amwayyang bagus dan punya budget lebih. Harga sebanding dengan kualitasnya kok. Dan aku rasa suatu barang yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama, apalagi kalo kita bisa ngerawatnya dengan benar yang bisa memperpanjang masa hidup barang ini, dibagi-bagi harga beli dan waktu pemakaiannya nggak akan terasa mahal kok. Kayak kulkas yang bisa tahan dipakai sampai 10 tahun lebih (ada lo, punya kakak ipar aku, masih bagus sampai sekarang, padahal dulu dia belinya juga kulkas second).

Kalau kamu merasa harga 17jt-an terlalu mahal untuk sebuah air purifier, kamu bisa juga beli air purifier yang banyak di pasaran kok. Fungsi utamanya sebenarnya sama saja, untuk menyaring/membersihkan udara dari polutan/debu mungkin yang membedakannya adalah saringannya ada yang saringannya bisa menyaring partikel sampai berapa micron. Aku rasa sih semakian bagus sebuah air purifier, semakian baik pula kemampuan menyaring polutan/debu yang hal ini berlaku juga ukuran misalnya bisa menyaring sampai partikel yang sangat kecil sekalipun.

Seperti 2 sisi mata uang, pasti setiap produk ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kamu tinggal bandingkan saja, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu yang bisa kamu terima kekurangannya  (kayak orang pacaran saja. haha).

Secara keseluruhan aku merasa memang alatnya bagus dan berguna, nggak ada yang aku komplen untuk air purifier atmosphere dari Amway ini, karena memang tidak ada kendala juga selama pemakaian hampir 3 tahun ini.

Sekian ulasan/review tentang air purifier yang bagus merek Atmosphere dari Amway. Semoga dapat memberi masukan untuk kamu yang sedang mencari air purifier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *