Alat Kebersihan Rumah

Untuk bersih-bersih rumah pastinya kita perlu alat kebersihan yang mendukung dong ya, ga mungkin kita bersih-bersih rumah dengan tangan kosong. Hehe. Jujur saja aku sendiri lebih suka belanja alat-alat kebersihan rumah dibandingkan make up lo. Kalau lihat alat-alat kebersihan yang unik dan fungsional gitu pasti bawaannya pengen beli saja. Nah, aku akan bahan alat-alat kebersihan yang aku punya gimana aku pisahin pemakaiannya. Sebenarnya sih basic banget, cuma aku pengen berbagi saja. Boleh ya? Boleh donk. Hehe.

Alat-alat Kebersihan Dasar/Wajib

Berikut alat-alat kebersihan rumah yang mendasar dan wajib ada dalam setiap rumah versi aku :

1. Sapu

Alat yang pasti digunakan tiap hari, apalagi kalau bukan sapu. Meskipun beda-beda merek kegunaannya sama saja. Cuma mungkin kalau merek yang bagus, pastinya lebih tebal saja, jadi ga gampang patah. Aku sendiri suka pakai merek Nagata.

2. Sekop

Ada sapu pasti harus ada sekop donk, untuk tampung/kumpulin kotoran yang sudah disapu. Aku suka pilih yang lebar, jadi gampang kumpulin kotorannya dan ada karet didepan sekopnya jadi sekopnya ga gampang geser dan kotoran ga nyelip di bawah skop.

3. Pel-pelan

Aku suka pel-pelan yang kain. Ada banyak merek di pasaran, aku pakenya yang merek Nagata. Dulu tau pel-pelan kain dari mama aku, aku coba cari dan pake. Ternyata enak banget pake pel-pelan kain, kotorannya kekumpul di kain pelnya. Beda dengan pel-pelan yang kek sumbu kompor itu kadang kotorannya keluar dari pel-pelannya.

4. Ember

Pastilah ya setiap rumah punya ember, mulai dari ember cuci baju, ember pel sampai ember kecil untuk ngelap debu.sapu

5. Sikat

Nah, sikat ini yang aku demen koleksi dan punya berbagai macam sikat di rumah. Hehe. Sikat lantai yang ada gagangnya untuk setiap kamar mandi, sikat kloset, sikat kecil untuk wastafel, sikat untuk sink dapur, sikat baju, sikat botol, bagi yang punya anak kecil wajib punya sikat dot. Banyak benar ya jenisnya. Hehe.

6. Kain Lap

Aku suka pakai kain lap yang microfiber, kainnya nyerap air dan bisa ngikat debu. Bersihinnya juga gampang.

Sponge & WashCloth

7. Sponge

Sponge ini sih biasa dipake untuk cuci piring. Aku suka pakai yang merek 3M, spongenya lebih tahan lama. Pernah juga beli yang murah, tapi pake ga lama hancur, sama saja jadi boros.

 

Aku rasa ini yang alat-alat kebersihan yang wajib ada di setiap rumah, kalau kamu ada tambahan bisa kasih tau di komen di bawah ya.

 

Alat Pendukung/Tambahan Kebersihan

Selain alat-alat kebersihan yang wajib diatas, ada juga alat kebersihan tambahan yang fungsinya sebagai pelengkap kegiatan bersih-bersih kita sebagai berikut :

1. Hook / Tempat Gantungan

Hook / Gantungan ini sebenarnya bukan untuk bersih-bersih, tapi berfungsi untuk menyimpan/menggantung alat-alat kebersihan kita kalau sudah selesai digunakan. Alat-alat kebersihan yang selesai kita digunakan kan dibersihkan tuh dan mau kita simpan. Nah, supaya bisa kering sempurna kita gantung saja pakai hook. Ada kok hook yang bisa menahan beban sampai 2 kg, kalau sapu/pel-pelan kan beratnya ga sampai 2 kg ya. Fungsinya juga untuk tempat penyimpanan, misalnya sikat khusus wastafel, aku tempelin hook di bawah wastafel. Jadi kalau mau bersihin tinggal ngambil saja ga usah pusing nyari di mana. Atau sikat lantai kamar mandi yang ada gagangnya bisa kita gantung saja di dinding kamar mandi. Jadi tetap kering walaupun ga dipakai, kalau taruh di lantai kan jadi basah kena air mandi ya.

2. Roll pembersih/penempel debu

Pernah beli roll penempel debu ini di Ace Hardware, bentuknya seperti roll kalau kita ngecat rumah gitu. Tapi isinya seperti double tape / sticker gitu. Jadi kita buka/lepas kertasnya agar bagian yang bisa nempelnya terbuka dan kita pakai deh untuk bersihin debu yang nempel. Kalau menurut aku sih lumayan berguna. Biasanya aku pakai untuk di tempat tidur. Meskipun tempat tidurnya kelihatan bersih, tapi kalau kita bersihkan pake roll penempel debu tersebut banyak lo debu yang menempel di rollnya. Karna debu kan ga keliatan ya, kalau kita pukul-pukul tempat tidurnya yang ada debunya malah berterbangan. Nah, bersihinnya pake roll ini. Rambut-rambut kita yang rontok juga pada nempel semua. Kadang mikir wah bisa banyak benar ya kotoran/debunya. Hehe. Kalau kamu penasaran, boleh tu cobain.

3. Sedot Debu/Vacuum Cleaner

Vacuum CleanerKalau punya budget lebih boleh lah beli penyedot debu/vacuum cleaner untuk di rumah. Aku sendiri punya yang merek Lejel Home Shopping, dulu belinya seharga 800rban sudah dapat sedot debu dengan berbagai macam kepala yang bisa diganti menyesuaikan tempat yang ingin kita bersihkan dan 1 alat sedot debu khusus untuk mobil. Kalau menurut aku pribadi, sedot debu lumayan berguna sih. Meskipun ga dipakai tiap hari, tapi untuk hal-hal tertentu aku pakai sedot debu. Misalnya membersihkan daerah yang sulit dijangkau atau ga bisa kena air seperti filter saringan udara/air purifier. Sebenarnya bisa juga membersihkan filter saringan udara pake sikat kering, cuma ya debunya ke mana-mana itu lo yang bikin kurang sreg, kerjaannya jadi double deh. Kalau pake sedot debu, sebentar saja kelar. Hemat waktu dan tenaga. Hehe.

 

Pemisahan Pemakaian

Untuk alat kebersihan biasanya aku pisahin berdasarkan tingkat kekotoran / pemakaian untuk area tertentu. Jadi ga campur-campur gitu, satu untuk semua. Misalnya ada sapu untuk luar rumah dan ada sapu khusus untuk yang di dalam rumah. Untuk lap meja khusus lap meja, lap dapur khusus lap dapur. Jadi yang biasa dipake untuk bersihin yang berat kotornya dipisahin dengan yang agak ringan kotornya.

 

Perawatan Alat Kebersihan

Untuk perawatannya salah satunya ya dipisahin seperti yang tadi dijelasin di atas, jadi yang lap bersih tetap bersih. Yang berat kotornya sudah ada yang khusus kotor. Dengan gitu yang bersih tetap awet lama. Trus alat-alat kebersihan usahakan/boleh dibilang wajib dibersihakan setiap selesai menggunakannya. Jangan dibiarkan kotor, karena kotorannya akan susah hilang kalau kita biarkan terlalu lama seperti contohnya kain lap. Langsung bilas setelah selesai digunakan. Atau sikat apa pun, bersihkan, bilas dan gantung biar kering terkena angin. Jangan biarkan dalam keadaan lembab agar ga jadi sarang bakteri.

 

Semakin Lengkap, Semakin Semangat

Sikat UnyuSemakin lengkap alat kebersihan kita, pasti kegiatan bersih-bersih jadi lebih menyenangkan. Apalagi kalau alatnya unyu-unyu bikin bersih-bersih lebih semangat. Nah, kalau jalan-jalan ke mall atau ke pasar, jangan lupa hunting alat kebersihan yang unyu dan kamu belum punya ya. Biar makin semangat bersih-bersihnya. Hehe. Semoga tulisan aku tentang alat kebersihan ini bermanfaat ya.

 

 

Salam Bersih-bersih,

Santi

www.rumahkurapidanbersih.com

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *