Cara Menata Rumah Kecil – Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Rumah Kecil

Rumah adalah tempat dimana kita merasa nyaman, tempat kita berkumpul bersama keluarga, melakukan banyak aktifitas, dan tempat kita beristirahat setelah seharian capek beraktifitas di luar. Pokoknya ke mana pun kita pergi, akhirnya kita akan pulang ke rumah. Rumah tidak harus besar agar terasa nyaman. Rumah kecil juga bisa terasa luas dan nyaman asalkan kita tahu bagaimana cara menatanya. Pada postingan ini, aku akan mencoba membahas cara menata rumah kecil agar terlihat selalu rapi dan bersih berdasarkan pengetahuan dan pengalaman aku.

Memiliki Rumah Kecil Itu Menyenangkan

Rumah yang kecil berarti ruangan di dalam rumah itu juga terbatas alias kecil juga. Eittss.. Jangan salah, rumah kecil bukan berarti rumahnya sumpek. Justru ini yang bikin menyenangkan, karena rumahnya kecil jadi jarak antar ruangan juga dekat yang artinya interaksi antar penghuni rumah lebih intens. Kasarnya sih lu lagi.. lu lagi.. hehe. Hal yang ga kalah penting yaitu urusan beres-beres rumah. Karena rumahnya kecil, jadi ruangan / area yang mau dibersihan lebih sedikit sehingga menghemat tenaga dan waktu. Terlebih lagi jika kita tidak memiliki asisten rumah tangga yang membantu untuk urusan pekerjaan rumah. Kebayangkan kalau punya rumah besar tapi nggak ada yang bantuin beres-beres, bisa kacau jadinya. Antara dua hal yang terjadi : 1. Rumah rapi dan bersih, tapi si empunya rumah yang beresin pasti capeknya luar biasa. Atau yang ke 2. Rumah dibiarkan berantakan, karena nggak sanggup ngberesinnya alias keteteran. Bagi yang kerja, sudah capek bekerja di kantor seharian, belum lagi ada masalah dalam pekerjaan, pulang-pulang rumah berantakan. Yang ada malah bisa bikin suasana hati tambah mumet. Nah, bukankah lebih baik rumah kecil tapi rapi dan bersih, daripada rumah besar tapi berantan dan ga terurus. Kamu suka yang mana? Kalau aku sih pilih rumah kecil tapi nyaman.

 

Penempatan Furniture Yang Tepat

Pemilihan furniture atau perabotan memegang peranan yang paling penting dalam hal penataan rumah. Usahakan untuk memilih furniture sesuai dengan kebutuhan ruangan di mana furniture itu ditempatkan. Hal yang paling penting adalah bisa mengakomodasi kebutuhan ruangan. Misalnya untuk ruang tamu, furniture utama yang biasanya ada di ruang tamu yaitu sofa / tempat duduk dan coffee table, dan sedikit pernak pernik kecil sebagai pemanis.

Perabot Sofa

Hindari penggunaan perabotan atau pernah-pernik yang berukuran besar untuk ruangan yang kecil, misalnya hiasan pohon di dalam pot yang berukuran besar di ruang tamu yang kecil. Hal ini akan membuat ruangan terasa sesak. Kalau kamu tetap ingin punya hiasan pohon besar tersebut, kamu bisa letakkan di teras rumah atau ruangan yang punya tempat kosong.

 

Maksimalkan Tempat Penyimpan

Ruangan yang sempit berarti tempat penyimpanan juga terbatas. Maka dari itu penggunaan perabot yang multifungsi sangat membantu. Misalnya tempat duduk yang bawahnya bisa digunakan untuk menyimpan mainan anak atau barang lainnya. Saya pribadi lebih suka ruangan terlihat bebas dari barang-barang yang jarang digunakan. Kalaupun ada, akan saya simpan di lemari atau tempat khusus.

Pemilihan Warna Cat Yang Sesuai

Untuk rumah yang berukuran kecil, otomatis ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah tersebut juga berukuran kecil. Sebaiknya menggunakan cat dinding berwarna cerah. Kamu bisa memilih warna putih agar lebih netral dan ruangan terkesan terang dan luas. Hindari penggunaan cat dinding berwarna gelap yang akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Usahakan warna cat warna cat sama untuk ruangan yang ada di dalam rumah.

 

Berbeda Tapi Satu Jua

Rumah Rapi

Meskipun rumah kecil dan ruangan terbatas, tapi kita tetap ingin donk ada pembagian ruangan. Misalnya antar ruang tamu dan ruang keluarga. Cara mensiasatinya yaitu kamu bisa menggunakan partisi semi terbuka atau yang tingginya setengah dari tinggi ruangan. Jadi ada pemisahnya walaupun sebenarnya masih satu area. Dengan partisi terbuka / setengah seperti ini, ruangan juga terlihat lebih luas. Bisa juga menggunakan karpet sebagai penanda ruangan yang satu dengan ruangan lainnya. Yang paling penting adalah hindari penggunaan tembok sebagai pemisah ruangan yang akan bikin ruangan terlihat sempit.

 

Penggunaan Cermin

Cermin-Dinding

Peletakan cermin di ruangan yang tepat juga dapat memberikan kesan ruangan itu lebih luas. Kadang tanpa kita sadari bahwa itu adalah pantulan dari area yang berseberangan dengan cermin. Pernahkan ke mall atau restoran gitu yang pake kaca, dari jauh kelihatan tempatnya luas, padahal saat kita mendekat ternyata dindingnya ditempelin cermin. Yahh.. Ketipu deh. Nah, kamu juga boleh coba meletakkan cermin di ruangan tertentu yang kamu rasa  sempit. Rasakan perbedaannya sebelum dan sesudah penggunaan cermin tersebut.

 

Dekorasi Pemanis Ruangan

Punya rumah kecil bukan berarti tidak boleh menempatkan Ruang Makandekorasi rumah karena takut rame. Penempatan dan pemilihan dekorasi yang tepat malah akan membuat ruangan lebih indah. Untuk ruangan yang sempit, saya sarankan pilih satu atau dua dekorasi saja dengan motif atau corak yang tidak terlalu rame. Penempatannya bisa dibagian yang ingin ditonjolkan. Misalnya untuk ruang tamu, kamu bisa meletakkan vas bunga yang ukuran sesuai dengan meja tamunya. Untuk ruang keluarga, kamu bisa menempatkan foto keluarga atau lukisan dengan posisi vertikal / potrait.

 

Memiliki rumah kecil bukanlah hal yang jelek, asalkan kita tahu bagaimana memaksimalkannya justru memberi banyak keuntungan bagi kita. Lebih baik memiliki rumah kecil tapi pemanfaatan ruangannya maksimal daripada rumah besar yang berantakan.

Semoga tulisan aku tentang cara menata rumah yang kecil agar terlihat lebih luas bisa menambah wawasan kamu. Mohon dimaklumi apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, aku hanya menulis berdasarkan pengalaman dan apa yang aku ketahui. Apabila ada saran, masukan atau pertanyaan, jangan segan untuk tulis di kolom komentar di bawah ini. Aku akan sangat senang menanggapinya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan aku 🙂

 

 

Santi,

rumahkurapidanbersih.com

 

 

 

 

One thought on “Cara Menata Rumah Kecil – Agar Terlihat Luas dan Nyaman

  • 12/04/2018 at 16:01
    Permalink

    makasih informasinya sangat bermanfaat sekali. ditunggu postingan lainnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *