Cara Mengatasi Hp Terendam Air

Oke, kali ini aku akan bahas hal di luar topik tentang rumah dan bersih-bersih. Kali ini aku akan bahas tentang cara mengatasi hp terendam air, berdasarkan pengalaman pribadi aku. Aku rasa hal ini penting untuk dibagikan supaya pas ketemu kejadian begini sudah tau harus gimana bagusnya apa yang ga boleh dilakuin.

hp mati total

Kehidupan kita saat ini hampir tidak mungkin terpisahkan dari yang namanya gadget, terutama handphone. Malah boleh dibilang hp uda jadi teman yang paling setia untuk kita, hampir setiap saat kita mengecek hp kalau ada kesempatan. Bangun tidur pasti yang dilihat duluan hp, begitu buka mata yang dilihat pasti hp. Begitu ada waktu luang pasti ngecek hp, ntah dipakai untuk browsing, cek social media, atau aplikasi chat untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Mau tidur, yang terakhir di lihat, pasti (lagi-lagi) hp. angkat tangan kalo kamu merasa kamu begitu? Aku sendiri juga begitu soalnya *Ckckkckk.

Mengatasi Hp Terendam Air

Sangkin seringnya ngecek hp, kadang sambil melakukan hal lain misalnya lagi makan juga kita bisa nyambil ngecek hp, yang sebenarnya kurang bagus sih ya, kita jadi nggak fokus dan menikmati proses makan itu, ini juga yang lagi aku berusaha untuk kurangi. Melakukan satu hal dalam satu waktu, biar bisa fokus. Nah, kadang suka selebor/ceroboh dan ga fokus, hp sembarangan taruh. Kadang lupa naruh di mana dan nyari-nyari, apesnya pas hpnya disilent. Meskipun dimisscall pake hp lain juga nggak bunyi. Hehe.

 

Salah satu contoh misalnya ada yang bawa hp ke kamar mandi kalo mau (*maaf) buang air besar, maksudnya biar sambil baca sambil nunggu urusan di dalam kamar mandi selesai. Nah, kalo yang satu ini aku ga tau kenapa ga bisa deh, bawa hp ke kamar mandi. Terus karna nggak fokus, ga sengaja hpnya jatuh ke bak mandi. Duh.. pasti jantungnya serasa mau copot.

 

Aku juga punya pengalaman pribadi gadget terendam air, lebih tepatnya Ipod (generasi 4/5, lupa. yang hampir kayak Iphone, cuma nggak ada simcard dan ga bisa nelpon. Tapi bisa wifi jadi bisa internetan seperti hp biasa). Waktu itu lagi nyuci piring, maksudnya biar ga bosan nyuci piring, sambil dengerin musik. Nah, aku hdupin musik dan taruh lah tu Ipod dekat tempat rak untuk piring basah. Habis nyuci piring terus lupa kalo Ipod taruh di sana, pas keingat (selang waktu 4-6 jam) baru ambil Ipodnya seperti biasa.

Serangan Panik

Tapiii.. pas aku liat Ipodnya layarnya sudah bercak-bercak biru di layarnya kayak lebam gitu. Ternyata bagian bawah Ipodnya basah. Aku ngecek permukaan tadi aku letakkin Ipod ternyata berair, mungkin airnya dari tetesan piring basah yang tadi aku cuci. Karna permukaannya basah, jadi airnya nyerap/masuk ke dalam Ipodnya. Aku langsung seketika panik, coba nyalain musik, tapi suaranya serak-serak ga jelas gitu.

 

Tanpa pikir panjang, aku matiin Ipod aku, dan langsung nyari hair dryer untuk keringin Ipod aku. Setelah beberapa lama, aku coba idupin lagi Ipodnya, hasilnya masih nggak beda jauh sama sebelumnya. Matiin lagi, dikeringin pake hair dryer lagi. Terus aku ulangi sampai beberapa kali. Mungkin uda agak tenang, aku baru ingat googling. Setelah googling dan baca-baca dari pengalaman orang yang pernah ngalamin hal yang sama, tapi dia hpnya kecebur di kolam renang dan langsung di ambil. Lah punya aku sudah ntah berapa jam airnya terserap di dalam Ipodnya itu.

 

Dari orang tersebut lah aku tau beberapa hal yang ga boleh dilakuin dan apa yang harus dilakuin kalo hp kita terendam air. Setelah aku praktekin saran dari orang tersebut ternyata memang bisa, makanya aku pikir kenapa tidak aku bagikan saja pengalaman aku juga. Mana tau nanti ada orang yang mengalami hal yang sama seperti aku atau yang belum pernah (amit-amit deh), setidaknya setelah kamu baca, kamu uda tau harus gimana kalo menghadapi situasi seperti ini. Ini juga murni pengalaman aku, jadi aku bisa cerita ke kamu.

jangan panik

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika hp terendam air :

1. Mencoba menghidupkan hp

Hp yang terendam air total/kecebur air biasanya hpnya pasti mati. Hal pertama yang biasa orang lakukan adalah mencoba menghidupkan hpnya. Ini jangan/ga boleh dilakuin ya, justru akan membuat hp tambah korslet.

2. Menghubungkan ke sumber listrik / mengisi baterai hp.

Nah, kalo sudah mati, dan coba dihidupin hpnya ga mau hidup, orang berpikir mungkin batre hpnya habis dan mau coba dicharge. Ini sama sekali nggak boleh dilakuin ya, jangan coba-coba charge hp yang sudah terendam air, atau kamu bisa kena setrum.

 

Terus kalo hp terendam air harus gimana donk?

 

Nah, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan kalo hp kamu kecebur/terendam air :

1. Ambil hp dan lap sisa air di bagian luar hp dengan handuk/kain kering.

2. Buka dan lepaskan batre dan simcard hp (skip step ini kalo batre kamu build in/bagian belakang hp nggak bisa dibuka).

3. Ambil vacuum cleaner (ingat ya, bukan hair dryer), nyalakan hair dryer dan arahkan dekat dengan hp. Ganti-ganti posisi, agar seluruh bagian hp kena. Tujuannya adalah menarik/menyedot air yang ada di dalam komponen hp. Lakukan sampai kamu merasa sudah cukup, mungkin sekitar 15-20 menit-an.

4. Bungkus hp kamu dengan kain tipis lalu kubur dalam beras. Tujuannya adalah agar partikel halus dari beras tidak masuk ke dalam lubang-lubang kecil yang ada di hp (lubang headset, charger, dll). Beras dapat menyerap sisa air yang ada di hp yang lembab. Baru dengar? Sama aku juga baru tau setelah kejadian hp terendam air. Ini sudah aku buktikan sendiri ya.

5. Kubur dalam beras sekitar 1-3 minggu (tergantung kadar air yang tersisa di dalam hp tersebut sih). Setelah 1-2 minggu coba nyalain hp kamu, kalo keliatan masih bercak dan suara masih belum normal, kubur lagi di dalam beras. Kubur sampai kamu merasa hp kamu waktu dinyalain sudah cukup normal dari tampilan layar maupun suaranya. Waktu itu punya aku kalo nggak salah sekitar 3-4 minggu. Setelah dikubur 1 minggu aku coba nyalain, uda agak mendingan tapi belum normal terus aku kubur lagi. Karena sibuk pindahan rumah terus kelupaan juga sih makanya setelah 3-4 minggu pas uda ingat baru aku nyalain dan ternyata uda kembali normal tapi mungkin ya nggak 100% seperti semula, 95% lah. Yang penting sudah bisa dipakai kembali saja sudah syukur ya.

 

Itu dia tadi beberapa tips dari aku cara mengatasi hp terendam/kecebur air. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Nggak ada salahnya mencegah daripada mengobati. Setelah kejadian itu, saat mau letakkin hp aku selalu ngecek dulu permukaan kering atau nggak. Soalnya takut kejadian yang sama terulang kembali lagi, bisa repot jadinya.

 

Apa kamu pernah mengalami hp kecebur/terendam air juga? Kalo iya, apa yang kamu lakukan untuk mengatasinya? Sharing pengalaman kamu dengan komen di bawah ini ya.

 

Makasih banyak sudah membaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *