Desain Kitchen Set Rumah Minimalis

Setiap rumah umumnya pasti punya dapur donk ya. Soalnya kalau nggak punya dapur terus masaknya gimana. Hehe. Dapur adalah tempat di mana biasanya kita mengolah, menyiapkan dan memasak makanan untuk anggota keluarga kita. Tentunya bagian yang paling utama dari setiap dapur adalah kitchen set.

Kitchen set itu apa sih? Kalau versi aku sih, kitchen set adalah perabotan/lemari yang biasa build in / nempel di dinding dapur. Ntah itu yang di bawah tempat cuci piring / kompor gas atau di atasnya. Keuntungan punya kitchen set yang build in adalah dapur kelihatan lebih senada dan rapi, soalnya kan rata-rata kitchen set sekarang custom ya, disesuaikan dengan ukuran dapurnya. Untuk kitchen set yang dibagian atas juga bisa memaksimalkan ruang penyimpanan, istilahnya vertical storage. Kayak apartemen gitu, jadi lahan yang digunakan sedikit, tapi dimaksimalkan ke atas. Bener ga sih perumpamaannya? Hehe. Nah, sekarang kan rata-rata rumah dibangun dengan model minimalis begitu juga bagian dapurnya. Aku akan coba memberikan gambaran / ide untuk desain kitchen set rumah minimalis.

 

Warna NetralDapur Bersih

Seperti yang kita tau, rata-rata rumah minimalis didominasi oleh warna netral seperti putih, abu-abu dan hitam. Begitu juga warna yang biasa dipakai untuk desain kitchen set rumah minimalis. Biasanya yang dipakai warna netral dan hanya satu warna. Warna putih biasanya jadi favorit untuk desain kithcen set rumah minimalis, bahkan ada istilahnya White Kitchen. Di mana bagian dapur didomanasi oleh warna putih, bagian yang terbesarnya adalah kitchen setnya warna putih. Kalau kamu takut warna putih cepat kotor, kamu bisa juga kok pilih warna lain yang netral dan kalem, misalnya warna abu-abu atau cream. Aku rasa jarang orang menggunakan warna yang gonjreng-gonjreng untuk warna dapur minimalisnya. Karena ya itu, minimalis itu memang identik dengan netral dan bersih / clean looking.

Warna kitchen set juga harus disesuaikan dengan warna counter top ya (antara kitchen set bawah dan atas) biar keliatan lebih bagus. Jangan kitchen setnya warna cream, trus counter topnya merah. Rasanya kurang cocok ya. Mungkin kalau kitchen setnya warna cream, counter topnya kamu bisa gunakan warna coklat tua, hitam atau putih. Masih masuk warnanya jadi ga aneh keliatannya. Hehe.

 

Tidak Banyak Pernak Pernik

Seperti yang sudah aku bilang di atas bahwa desain minimalis itu identik atau punya image bersih / clean looking jadi sebaiknya hindari terlalu banyak pernah pernik di bagian kitchen set. Desain kitchen setnya juga polos saja, kalau warna warni terus penuh bunga-bunga itu bukan minimalis tapi bergaya shabby chic. Hehe. Bagian pegangan untuk kitchen set juga polos saja tanpa corak yang aneh-aneh, lebih bagus lain kalau pegangannya tidak kelihatan. Kan ada tuh sekarang model pegangan yang rata gitu sama lemarinya. Jadi keliatannya rapi dan bagus, dibandingkan model pegangan yang menonjol, tapi ya balik lagi ke selera masing-masing ya. Kalau aku pribadi sih memang lebih suka yang rata dengan lemari.

 

Maksimalkan Kitchen Set

Kitchen set sebaiknya dibuat sampai menyatu denga langit-langit rumah. Meskipun keliatan tinggi banget bagian yang di atas itu tapi itu bisa membuat kitchen set lebih enak dilihat. Kita juga terhindar dari debu-debu yang menempel di atas lemari kalau kita buat kitchen setnya cuma setengah saja. Bayangkan saja kerjaan kita menjadi bertambah dengan harus membersihkan debu-debu di atas lemari tersebut, apalagi daerahnya susah dijangkau karena tinggi. Nah, kalau kamu buat sampai habis mentok ke langit-langit, kan ruang penyimpanan kamu jadi banyak. Kamu bisa gunakan untuk menyimpan peralatan dapur yang jarang digunakan atau misalnya dandang besar yang cuma kepake setahun sekali waktu lebaran saja.

Tentu lebih enak kalau ruang penyimpanan kita berlebih, daripada kekurangan yang menyebabkan barang saling tumpuk menumpuk yang akhirnya bikin kita bingung sendiri kalau mau nyari barang yang diperlukan karena sudah lupa disimpan di mana, dan dicari ga keliatan karena bertumpuk. Masa iya kalau mau masak harus bongkar-bongkar lemari dulu yang akhirnya bikin habis waktu buat ngeberesinnya. Sebisa mungkin maksimalkan ruang penyimpanan di daerah dapur, karena biasaya peralatan/senjata perang di dapur banyak pernak perniknya apalagi yang kecil-kecil. Pisahkan barang per kategori, misalnya bagian untuk baking yang banyak printilan misalnya spruit, sendok takar, kuas, dll taruh di satu tempat/container. Jadi pas mau dipake ga bingung nyarinya, apalagi yang yang kecil-kecil gampang nyelip dan kalau sudah nyelip biasanya susah nyarinya kalau pas butuh. *pengalaman.. upsss

Furniture Pendukung Yang Se-tema

Untuk menciptakan desain dapur minimalis, tentunya furniture/perabot di bagian dapur juga harus disesuaikan dengan tema minimalis. Kitchen set sudah minimalis, masa iya meja makannya bergaya victorian atau yang pake kayu jati gitu. Jadi ga sinkron donk. Tentunya lebih baik kalau semuanya satu tema, jadi keliatannya juga lebih bagus. Usahakan perabot di bagian dapur juga modelnya minimalis ya. Kan sekarang banyak tu dijual furniture pelengkap yang minimalis, tapi ya kalau sudah terlanjur punya yang bukan minimalis gapapa sih, misalnya bekas pindahan dari rumah lama. Sayangkan mau dibuang atau dikasih ke orang. Atau kamu bisa siasati dengan remodel/remake/dibuat ulang/dicat ulang saja yang hampir menyerupai tema minimalis. Pintar-pintar kamu berkreasi, banyak tutorial di internet yang ngajarin begituan. Tinggal kamunya saja yang menyediain waktu dan tenaga untuk remodel/cat ulang tersebut. Kalau kamu berhasil untuk remodel/cat ulang salah satu perabot kamu, komen di bawah donk. Pengen dengar cerita kamu 🙂

 

Dapur Rapi & Bersih, Minimalis Yang Sesungguhnya

Tentunya agar senantiasa terlihat bersih dapur harus kita bersihkan secara rutin. Usahakan selalu membersihkan dan merapikannya setelah kegiatan masak memasak ya. Rapikan barang-barang/peralatan seperti blender atau juicer yang sudah ga dipake lagi ke dalam lemari. Biasakan daerah counter top / daerah yang biasa di antara kitchen set bawah / atas itu lo, tidak banyak dipenuhi barang-barang yang jarang dipakai. Semakin sedikit barang yang terlihat, dapur akan terlihat lebih minimalis.

Sering kita dengar motto / pepatah minimalis adalah Less is More, kamu setuju ga? Kalau aku sih setuju, karena dengan sedikit (Less) barang yang kita miliki /  terlihat, ruangan akan terlihat lebih lega (More), dan rasanya lebih nyampan kalau ruangan terasa lebih lapang. Dibandingkan dengan tempat yang penuh sesak barang-barang yang jarang digunakan. Semakin banyak barang, semakin besar kemungkinan untuk barang-barang berantakan yang akan semakin menambah beban kerja kita untuk merapikannya. Benar ga sih?

Sampai juga pada akhir tulisan aku ini, makasih ya sudah luangin waktu kamu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat 🙂

 

 

 

 

2 thoughts on “Desain Kitchen Set Rumah Minimalis

  • 06/11/2017 at 06:33
    Permalink

    Minimalist design is becoming increasingly more popular as people begin to focus on what’s important…enjoy life, not material things and clutter!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *