Mencuci Dua Kali, Perlu Nggak Sih?

Tujuan dari kegiatan mencuci itu adalah untuk membersihkan sesuatu dari kotoran. Biasanya kegiatan mencuci dimulai dari membasahi barang tersebut, disabuni/dibusa-in, gosok-gosok lalu bilas. Selesai. Semua itu dilakukan dari awal sampai akhir dalam 1 tahap. Biasanya orang-orang kalo mencuci apa-apa ya cuma 1 kali/1 tahapan saja dari awal sampai akhir. Tapiii.. Tanpa aku sadari ntah dari kapan terbentuk kebiasaan aku untuk mencuci dua kali.

Mencuci Dua Kali

Aku merasa akan lebih bersih kalo mencuci dua kali. Tapi lama-lama aku pikir penting nggak sih mencuci dua kali. Karena setelah suami bilang, “Aku perhatiin kamu untuk cuci piring saja habisin waktu lama”, dan aku jawab “Ya karna aku cuci piringnya dua kali”. Hehe.

Apa saja yang biasa aku lakukan mencuci dua kali?

  • Cuci Piring -> ini paling menyita waktu dan tenaga, karena cuciannya kan banyak ya.
  • Cuci Botol Susu Anak
  • Cuci Rambut
  • dll, yang aku merasa perlu untuk cuci/bersihkan dua kali

 

Kelebihan Mencuci Dua Kali

  •  Lebih bersih

Tidak dipungkiri ya, memang dengan mencuci dua kali, hasilnya lebih bersih. Kotoran yang tadinya mungkin masih tersisa di cucian pertama, bisa dibersihkan di cucian tahap kedua.

 

Kekurangan :

  • Pekerjaan jadi lebih lama

Yang jelas dengan mencuci dua kali, yang berarti kerjaan jadi dua kali lipat, kita mengulang lagi proses mencuci dari awal sampai akhir pasti juga menghabiskan waktu dua kali lipat. Jadi sangat nggak efisien dalam segi waktu ya. Waktu kita habis banyak hanya untuk kegiatan mencuci. Kalau dipikir-pikir waktu jadi habis tanpa ada manfaat yang berarti. Hehe.

  • Habisin air dan sabun

Dengan mencuci dua kali, sudah pasti kita juga ngabisin air dan sabun dua kali lipat ya. Artinya kita juga menambahan tagihan dan biaya keperluan rumah, ini termasuk tidak efisien dalam segi biaya juga ya.

 

Setelah berpikir dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari mencuci dua kali, aku rasa aku akan belajar untuk mencuci satu kali saja tapi dengan efisien. Berikutnya aku akan berikan tips agar mencuci lebih efisien dengan satu kali mencuci saja.

 

 

Agar mencuci (sekali) lebih efisien :

1. Rendam dulu barang yang akan kamu cuci.

Dengan merendam dulu barang yang akan kamu cuci beberapa saat akan membantu melunakkan kotoran yang menempel di barang tersebut, sehingga saat dicuci, kotoran lebih gampang terangkat.

2. Lakukan dengan fokus.

Saat mencuci pusatkan perhatian (kayak ujian nasional saja), maksudnya lebih fokus, perhatikan apa masih ada sudah bersih dan apakah masih ada kotoran yang tersisa. Apabila masih ada kotoran, gosok sampai bersih lalu bilas. Gini maksudnya kalo kita cucinya asal-asalan, eh ga taunya setelah bilas, kita baru perhatiin bahwa masih ada sisa kotoran yang ga dibersihkan, alhasil pasti kita cuci lagi (jadi mencuci dua kali). Malah bikin jadi tambah lama deh.

 

Tips di atas lagi aku praktekin sih, alhasil kerjaan cuci mencuci selesai lebih cepat dan aku bisa lakukan hal yang lainnya. Hihi.

 

Sebenarnya bebas saja ya, kalau ada orang yang memang suka mencuci dua kali, itu kan pilihan masing-masing orang. Hanya saja setelah aku pikir rasanya kurang efisien saja dalam segi waktu, tenaga dan biaya.

 

Menurut aku sebenarnya tidak perlu mencuci dua kali, asal kita tau bagaimana cara mencuci yang efisien, mencuci satu kali saja sudah cukup kok. Lakukan tips agar mencuci lebih efisien di atas untuk hasil cucian lebih maksimal. Sekarang aku mulai untuk mencuci cukup satu kali saja, untuk menghemat waktu. Karena masih banyak hal yang harus dikerjakan selain urusan cuci mencuci.

 

Kalau menurut kamu perlu nggak sih kita mencuci dua kali? Apa kamu juga begitu? Kalau kamu juga begitu, please komen ya biar aku tau kalau aku nggak sendirian yang begitu. Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *