Menjaga Rumah Tetap Rapi dan Bersih

Rumah BersihRapi dan bersih adalah 2 kriteria penting dalam menciptakan rumah yang nyaman. Dua hal ini saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Kalau rumahnya kelihatan rapi tapi kotor, debu di mana-mana, tentu nggak nyaman. Sebaiknya rumah bersih tapi berantakan, pasti bikin sakit mata yang melihatnya. Hehe. Untuk menghasilkan sesuatu tentunya kita harus berusaha, demikian juga untuk menciptakan rumah yang selalu rapi dan bersih, kita harus berusaha. Meskipun waktu dan tenaga yang dibutuhakan tidak lah sedikit tapi aku jamin sebanding dengan hasilnya kok. Dengan memiliki rumah yang selalu rapi dan bersih, seluruh keluarga akan senantiasa nyaman berada di dalam rumah. Tentunya kenyamanan keluarga kita adalah hal yang utama. Kita pasti lebih senang berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktifitas di rumah, karena di rumahlah kita bisa melakukan aktifitas dengan bebas dan nyaman.

 

Bersih Pangkal Sehat

Kamu pasti pernah dengar pepetah bersih pangkal sehat. Seingat aku itu pelajaran waktu duduk di bangku SD. Atau pepatah “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”. Kenapa sih bersih itu penting? Kalau menurut aku, kalau rumah kita bersih, kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang di tempat yang kotor dan jarang dibersihkan. Misalnya nih kamar mandi yang jorok, bak kamar mandi jarang dibersihkan. Seperti yang kita tahu, air adalah tempat favorit nyamuk berkembang biak, nah kalau kita jarang bersihkan atau ga pernah dikuras airnya sampai habis bisa-bisa jadi tempat nyamuk berkembang biak. Yang akan membawa penyakit, apalagi lagi musim DBB (Deman Berdarah) yang disebabkan/ditularkan oleh nyamuk. Kalau kita rajin bersih-bersih, tentu kita bisa terhindar dari hal tersebut, meskipun tidak 100% aman karena nyamuk bisa saja berasal dari luar. Seenggaknya kalo dari dalam rumah, kita sudah kurangi resikonya. Itu hanya salah satu contohnya saja kenapa menjaga kebersihakan penting untuk kesehatan. Kalau mau dijabarin satu halaman penuh ga muat. Hehe.

Buat Jadwal Khusus Bersih – bersih

Coba luangkan waktu kamu 30 menit – 1 jam untuk merapikan, Buku Jadwalberes-beres dan bersih-bersih rumah tanpa gangguan apapun. Termasuk godaan untuk mengecek gadget, jadi kita benar-benar fokus melakukannya. Bisa juga sambil menyalakan musik kesukaan dan kitanya lebih enjoy ngelakuinnya. Kalau bisa pasang alarm sesuai target waktu yang sudah kamu tentukan, misalnya 30 menit. Nah, mulai deh start merapikan ruangan atau area yang kamu inginkan sampai alarmnya bunyi, kalau belum selesai kamu bisa kok lanjutin sampai beres. Tapi jangan berhenti sebelum alarmnya bunyi ya. Hehe.┬áDengan begitu kamu akan terbiasa punya jadwal untuk merapikan dan bersih-bersih rumah, yang artinya meminimalisir ruangan / daerah yang perlu dirapikan dan dibersihkan.

 

Tips Agar Rumah Tetap Rapi

Berikut tips yang bisa kamu coba agar rumah kamu bisa terlihat rapi :

1. Letakkan barang ditempatnya. Usahakan selalu meletakkan barang di tempat semula saat sudah selesai digunakan. Untuk menghindari barang yang tidak berada pada tempatnya yang akhirnya malah kelihatan berantakan.

2. Segera bereskan setelah selesai menggunakannya. Misalnya segera bersihkan dapur setelah selesai memasak. Meskipun kamu cuma masak indomie, usahakan selalu mencuci peralatan masak atau piring kotor yang ada setelah kamu selesai makan. Karena kalau dibiarkan menumpuk walaupun awalnya sedikit tapi kalau dibiarkan menjadi banyak dan malah bikin lihat piring kotornya yang menumpuk segunung saja capek apalagi mencucinya. Hehe.

3. Simpan barang yang jarang digunakan. Mesin jahit atau sepada di ruang tamu yang dalam setahun dipakenya cuma beberapa kali dan bisa dihitung pake jari, mending disimpan di ruang penyimpanan/gudang. Daripada dibiarin begitu saja, malah jadi tempat nongkrong debu. Hehe. Kalau aku pribadi, barang-barang yang masih mau dipakai tapi jarang digunakan, aku bersihkan terlebih dahulu kemudian aku bungkus plastik bening yang besar, kemudian aku simpan di rak penyimpanan yang ada di gudang. Nah, pas mau pake tinggal ambil saja. Barangnya juga lebih awet daripada jadi tempat nongkong debu.

4. Pilah-pilah barang secara berkala. Pas hari minggu lagi ga ada rencana keluar rumah, coba deh sortir barang-barang yang ada di rumah. Pilah pilih barang yang hampir tidak pernah digunakan dalam satu tahun atau bahkan kamu sendiri saja lupa punya barang itu. Hayo ngaku, pasti ada kan. Untuk barang-barang yang masih bisa digunakan tapi menurut jarang atau hampir ga pernah kamu gunakan, bisa kamu berikan ke orang yang kamu rasa barang tersebut akan berguna / digunakannya. Ga tau kenapa saat selesai memilah dan memberikan barang yang ga dipake lagi pada orang atau pun mebuang sampah yang tanpa sengaja kita simpan sekian lama, rasanya sangat melegakan. Barang berkurang, ruang kosong bertambah.

 

Memerlukan Komitmen

Cieeellaahh.. Komitmen coy, kedengarannya serius banget ya. Tapi beneran loh. Maksud aku itu, hal yang kita harus patuhi dan jalani setiap hari. Jangan hari ini rumahnya rapi dan bersih karena baru selesai dirapiin dan bersih-bersih, terus besok-besokMeja Rapinya berantakan lagi. Yahh.. Maka dari itu komitmen diperlukan. Meskipun terasa melelahkan tapi memang harus dilakukan setiap hari. Kuncinya ya itu tadi, dibuatin jadwal khusus dan jadwal itu harus dipatuhi. Memang awalnya agak susah dan pasti kita selalu tergoda untuk menskip jadwal / lagi malas bersih-bersih. Tapi percaya lah kalau kita konsisten dan komitmen sama jadwal kita minimal selama 1 bulan tanpa skip satu hari pun, lambat laun akan jadi kebiasaan kita. Untuk jadwal ini waktunya flexibel kok, bisa pagi – siang – sore – malam, sesempatnya kita saja. Yang penting durasinya. Misalnya kita tentuin minimal kita bersih-bersih 1 jam, set alarm, start bersih-bersih sampai alarm bunyi, belum kelar lanjutin sampe kelar. Yang penting jangan stop sebelum alarm bunyi. Tapi ini juga flexibe, misalnya ada urusan mendadak, ya bisa dilanjutin nanti lagi. Bebass aja shayy.. Jangan terlalu kaku seperti kanebo kering. Hehe. Intinya alarm cuma sebagai alat bantu kita saja kok. Selebihnya mah kita yang atur saja disesuaikan dengan jadwal keseharian kita. Yang penting harus kita lakukan setiap hari.

 

Rumah Rapi dan Bersih = Rumah Idaman Kita Semua

Tentu kita semua punya kriteria rumah idaman kita sendiri, ada yang kriteria rumah idamannya rumahnya harus besar, bertingkat, diisi dengan perabotan mahal. Kriteria rumah idaman aku cukup sederhana, mau gimana pun bentuk rumahnya intinya rumah itu harus rapi dan bersih. Rumah yang terawat dengan baik tentu akan membawa kebahagian juga bagi anggota keluarga kita. Aku yakin kalau kita mau berkomitmen untuk menjaga rumah kita tetap rapi dan bersih, pasti bisa kok. Tergantung bagaimana kita mengatur jadwal kita saja. Nah, sudah aku jelasin panjang lebar tentang cara menjaga agar rumah tetap rapi dan bersih, jadi tinggal kamu praktekin saja ya. Ayo ciptakan suasana yang nyaman dalam rumah kita! Semangat bersih-bersih ya. Mudah-mudahan habis baca ini langsung capcus bere-bersih dan bersih-bersih ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *