Merapikan Baju Tanpa Setrika

Halloo.. gimana kabar kamu hari ini?

Setrika Baju

Hari ini aku akan coba membahas cara merapikan baju tanpa disetrika. Karena nggak semua orang punya asisten rumah tangga, atau untuk kamu yang sibuk nggak punya waktu banyak untuk menyetrika baju. Jujur saja pekerjaan setrika adalah hal yang paling tidak aku sukai, karena menurut aku sangat menguras waktu dan pinggang (haha). Soalnya nggak begitu pintar nyetrika, jadi sekali nyetrika baju dikit saja memakan waktu yang lama. Aku lebih suka nyuci baju ketimbang nyetrikain baju. Ada yang sama kayak aku ngga? *yang sama angkat tangannya. Hehe.

 

Dinilai dari Penampilan Luar

Penampilan merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap orang, karena dari penampilan lah biasanya kita dinilai atau menilai seseorang. Walaupun ada pepatah mengatakan jangan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja. Tapi ya nggak bisa dipungkiri kebanyakan dari kita begitu, karena memang itu yang pertama kita lihat dari seseorang. Untuk menunjang penampilan kita, tentu kita perlu sesuatu menunjangnya. Yang utama yaitu baju/pakaian. Baju yang kita kenakan tidak harus yang harganya mahal dan bermerek, kriteria utamanya adalah bajunya rapi. Baju mahal sekalipun kalo kusut dan lecek sana sini juga nggak enak dipandang.

Gimana kalau kamu ngeliat orang pakai bajunya kusut sana sini? Pasti pikiran kita ini orang mungkin nggak sempat nyetrika bajunya, nggak ada yang bantu nyetrikain (untuk cow), atau ini orang kok berantakan banget sih, baju kusut begitu dipakai. Hehe.

 

Penyebab Baju Bisa Kusut / Lecek

Kain KusutBaju bisa kusut pasti ada penyebabnya, di bawah ini beberapa penyebab baju kusut :

1. Baju kusut karena dicuci dan diperas dengan cara diperintil, sehingga menyebabkan liipatan-lipatan yang menyebakan baju menjadi kusut.

2. Baju kusut karena penyimpanan yang kurang tepat. Baju tidak dilipat dengan benar, tertumpuk sama lainnya.

 

Nah, kalau di atas penyebab baju kusut, sekarang kita bahas cara mencegah baju kusut dan merapikan baju tanpa setrika.

 

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merapikan baju tanpa setika :

1. Saat mencuci baju dan baju akan diperas, peras baju dengan cara menekan baju untuk mengeluarkan airnya. Jangan diperintil. Tapi kalo menggunakan mesin cuci, ya nggak bisa ya. Karena sistem kerja mesin cuci mutar-mutar gitu, pasti ada baju yang terperintil dan nyangkut satu sama lain. Untuk kamu yang menggunakan mesin cuci, langsung skip ke tips berikutnya.Gantungan Baju

2. Setalah baju diperas dan akan dijemur untuk dikeringkan secara total, ambil baju pegang bagian pundaknya dan hempas-hempaskan baju agar lipatan/kusut berkurang.

3. Gunakan gantungan baju yang lebar, sehingga sisi depan dan sisi belakang baju tidak menempel satu sama lain dan rapikan baju yang masih setengah basah tersebut dengan tangan seperti kita menyetrika dari atas ke bawah. Bisa juga ke samping, intinya untuk menghilangkan kusut/lipatan baju saat masih dalam keaddan setengah basah.

4. Apabila baju sudah kering dan siap diangkat dari jemuran, angkat baju yang kering tersebut dan simpan dengan posisi menggantung, jadi baju tidak perlu dilipat. Tapi kalau ruang untuk menggantung baju tidak memadai, gantung saja baju yang penting-penting atau gampang kusut misalnya kemeja.

5. Untuk baju yang harus dilipat dan disimpan dalam lemari, lipat dengan menggunakan Metode Konmari. Dengan menyimpan baju secara vertikal seperti Metode Konmari, baju akan senantiasa rapi dibandingkan menyimpan baju dengan dilipat secara konvensional (dilipat seperti biasa dan ditumpuk sampai tinggi).

 

Kelebihan Cara Melipat Baju Metode Konmari Dibandingkan Cara Konvensional

Sebenarnya aku juga biasanya melipat baju dengan cara konvensional. Melipat baju dari luar ke dalam dan dilipat lagi menjadi dua lalu tumpuk dan disimpan dalam lemari. Baru tau tau ternyata ada cara lain / metode lain untuk melipat baju yaitu Metode Konmari setelah membaca bukunya yang berjudul The Life Changing Magic Of Tidying Up (sudah aku review bukunya di postingan sebelumnya, klik sini).

Aku juga sudah mempraktekkan metode melipat baju ala metode konmari untuk baju anak aku. Memang sih lebih enak untuk ngambil-ngambil baju karena keliatan dan tidak bertumpuk satu sama lain. Mengapa cara melipat baju ala metode konmari lebih efisien dibandingkan dengan cara melipat baju konvensional? Karena dengan baju ditumpuk akan memberikan beban kepada baju yang di bawahnya, yang akan menyebabkan baju menjadi lecek dan saat kita ingin mengambil salah satu baju yang ditumpuk, kadang kala baju di atas atau di bawah baju yang ingin kita ambil ikut ketarik. Ini yang menyebabkan baju tersebut menjadi kusut/lecek kalau tidak dirapikan kembali (bongkar dan susun kembali), apalagi dengan tekanan dari baju-baju di atasnya.

Campuran Cuka dan Air Pengganti Setrika

Nah, tadikan ngomonginnya untuk mencegah baju kusut dari mulai baju itu selesai dicuci. Terus untuk merapikan baju kering yang kusut gimana donk? Tenang, masih ada tipsnya. Berikut tips untuk mengurangi lipatan/garis-garis baju yang kusut :

1. Siapkan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:3. 1 bagian cuka dan 3 bagian air, masukkan ke dalam botol spray. Kocok agar tercampur merata.

Botol Spray2. Gantungkan baju kamu yang kusut.

3. Semprotkan campuran air cuka tersebut dengan jarak sekitar 30 cm ke area yang kusut secara merasa.

4. Tunggu beberapa saat. Voilaa.. Kusut/garis-garis lipatan baju kamu akan berkurang. Baju terlebih lebih rapi.

Nah, itulah beberapa tips yang aku tau untuk merapikan baju tanpa setrika. Kamu pernah cobain nggak salah satu tips di atas sebelumnya atau ada rencana mau cobain? Share pengalaman atau pendapatmu tentang ini di kolom komentar ya.


 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *