Penggunaan Spons Yang Benar

Spons merupakan alat kebersihan yang biasa kita gunakan untuk mencuci piring dan peralatan masak. Pasangannya sabun cuci piring ni. Bayangin ya gimana rasanya kalo kita cuci piring nggak pake spons, bersih nggak tuh ya? Belum pernah coba sih. Hehe. Sebenarnya nggak perlu diajarin juga semua orang pasti sudah tau lah cara make spons, bahkan anak kecil saja mungkin nggak diajarin juga ngerti kali. Tapi gapapa donk, kalo kali ini aku pengen ngebahas tentang spons. Menurut aku dengan penggunaan spons yang benar dapat memperpanjang umur peralatan masak kita loh.

Spons Pencuci Piring

Tipe Spons :

1. Sponge Lembut

Sponsnya lembut dan membal kalau dipencet. Biasanya/kebanyakan warna kuning.

2. Spons Kasar/Keras

Sponsnya selembar gitu keras dan agak kasar, ketebalannya paling 0.5 cm. Biasanya warna hijau tua, ada juga warna lain seperti biru muda.

 

Tips memilih spons :

  • Pilihlah spons dengan kualitas bagus. Spons pasti kita gunakan setiap kali mencuci piring, sehari nggak tau mau dipakai berapa kali, dengan membeli spons kualitas yang bagus, artinya spons juga lebih tahan pakai. Pengalaman aku beli spons yang murah mungkin sekitar 5000, tapi dipake nnggak lama, hancur. Jatuhnya malah boros loh.
  • Pilihlah spons 2 in 1. Satu bagian sponge lembut untuk mencuci biasa dan satu sisi lagi spons kasar untuk menggosok kotoran membandel. Jadi satu spons bisa untuk semua keperluan mencuci, nggak harus beli dua. Lebih hemat juga. Biasanya aku beli spons merek Scotch Brite yang ada dua sisi, satu sisi sponge yang kuning yang lembut dan satu sisi lagi sponge warna hijau tua yang keras.

Gunakan Spons Sesuai Fungsinya

  • Spons Lembut -> Untuk mencuci biasa dan peralat masak anti lengket/bahan teflon.
  • Spons Kasar -> Untuk menggosok noda yang agak bandel dan keras, yang nggak bisa dibersihkan pakai spons biasa. Seperti kerak kotoran yang ada di kuali.

CATATAN : JANGAN gunakan spons untuk menggosok/mencuci peralatan masak anti lengket/teflon, karena akan mengakibatkan lecet/gores-gores pada alat masak tersebut, dimana seperti yang kita ketahui, bahan teflon sebaiknya jangan sampai lecet/terkelupas lapisannya karena bisa memicu senyawa yang menyebabkan kanker (ini boleh kamu googling untuk referensi lebih lanjut ya).

Mencuci Piring

Dua Cara Menggunakan Spons :

1. Basahi spons, kemudian tuangkan sabun secukupnya ke spons dan remas-remas spons untuk menciptakan busa yang akan kita pakai untuk mencuci peralatan makan/peralatan masak. Kenapa sebaiknya kita meremas-remas untuk menciptakan busa dulu sebelum kita mengosokkannya ke barang yang akan kita cuci? Supaya  sabunnya menyebar rata di spons. Bayangkan kalo setelah kita basahin sponsnya kemudian kita langsung gosokkan ke barang yang akan kita cuci, otomatis sabun yang ada dipermukaan spons tadi nempelnya ke barang yang pertama kali disentuh oleh spons. Ini yang bisa menyebabkan bau sabun/sabunnya dibilas kurang bersih. Dan sabun yang ada di spons tadi juga berkurang banyak, jadi untuk barang-barang selanjutnya yang akan dicuci jadi sedikit terkena sabunnya.

2. Campurkan air dengan sabun pencuci piring dulu kemudian baru tuangkan ke spons/celupkan spons ke dalam, remas-remas spons untuk menciptakan busa, baru cuci seperti biasa. Cara ini lebih efektif sih, dengan mencampur air dan sabun pencuci piring, otomatis konsentrasi/kekentalan berkurang, jadi lebih encer. Sabun juga bisa membaur lebih rata karena sudah dicampur duluan. Kekurangannya sih, karena konsentrasinya encer, kadang kalo dituangkan ke spons, air sabunnya tumpah/netes/terbuang. Solusinya bisa dengan spons dicelupkan ke dalam campuran air sabun tadi.

 

Kapan sih perlu ganti spons?

Jangka waktu untuk kapan harus ganti spons sih nggak bisa dipastikan ya. Karena masa Aku biasanya ganti spons baru kalau spons yang dipakai sudah mulai hancur untuk sponge yang lembutnya dan spons kasarnya sudah nggak kasar alias nggak bisa lagi dipakai untuk menggosok.

 

Satu hal yang lagi perlu kamu ingat, sebisa mungkin keringin spons setelah digunakan, untuk menghindari spons jadi sarang kuman. Caranya kamu bisa taruh di tempat yang bawahnya ada bolong-bolongnya, sehingga ada udara masuk lewat bawah, sponge bisa kering secara menyeluruh.

 

Biasanya sebelum aku pakai untuk mencuci piring, spons aku cuci / sabunin terus bilas dulu satu kali, agar sebelum dipakai spons dalam keadaan bersih, baru aku gunakan seperti biasanya.

 

Seharusnya ibu-ibu sudah pada tahu lah ya serba serbi spons tanpa baca tulisan ini, tapi mungkin yang sering terjadi yaitu pakai spons kasar untuk menggosok peralatan masak anti lengket / bahan teflon. Memang kadang kalo kotoran membandel  suka gregetan ya, langsung ambil spons kasar gosok biar cepat hilang. Sebenarnya bisa diakali sih, rendam dulu alat masak tersebut dengan air sabun beberapa saat, nanti kotorannya akan melunak dan gampang dibersihkan. Apalagi bahan teflon, permukaannya sebenarnya licin gitu, jadi sebenarnya nggak perlu pakai spons kasar. Cukup direndam saja beberapa saat, baru dicuci seperti biasanya.

 

Sekian pembahasan aku tentang spons. Semoga bermanfaat. Hehe.

 

Dipost sebelumnya aku ada review sabun pencuci piring Sunlight Extra Nature, kamu bisa baca reviewnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *