Review Buku Marie Kondo – Seni Beres-beres dan Metode Merapikan ala Jepang

Aku tau buku ini dari postingan instagram seseorang, yang aku lupa siapa. Orang tersebut memposting foto beberapa buku (yang aku lupa apa saja) dengan caption buku yang wajib baca dan mengubah hidupnya. Buku Marie KondoKarena penasaran dan kepo, karena dari judulnya saja sudah terdengar menarik, The Life Changing Magic Of Tidying up. Akhirnya aku googling tentang bukunya. Kemudian coba nonton video di youtube tentang si penulis Marie Kondo, kok asik juga kayaknya apa yang dia praktekin untuk menata, menyusun dan merapikan. Kesannya simpel tapi asik aja gitu. Akhirnya tertarik untuk beli bukunya.

Karena toko buku di sini hanya ada di mall tertentu yang agak jauh dari rumah, akhirnya putusin untuk beli bukunya online saja karena ke mall juga paling bisa hari minggu dan belum tentu hari minggu itu kami ke mall. Dipikir-pikir beli online lebih gampang, tinggal klik-transfer, tunggu bukunya datang.

Kebetulan ngeliat postingan grobmart di instagram, iseng-iseng coba buka websitenya cari buku Marie Kondo, kebetulan harganya lagi diskon juga dari 54.000 jadi 43.200, akhirnya pesan dan transfer. Bukunya nyampe sekitar 1 minggu dari tanggal pembayaran, lumayan agak lama juga sih dari belanja online biasanya paling sekitar 2-4 hari nyampe setelah pembayaran. Tapi aku pikir nggak apa-apa la, toh kan bukan barang yang diperlukan mendesak, jadi nyantai saja nunggu bukunya nyampe.

Pas ada kesempatan ke gramedia, aku coba cari bukunya, ada juga bukunya di gramedia, tapi harganya sedikit lebih mahal dibandingkan beli di www.grobmart.com. Harga bukunya di gramedia Rp. 59.500,-.

Buku Marie Kondo The Life Changing Magic Of Tidying Up

Buku Marie Kondo Seni Beres-beres dan Metode3 Merapikan Ala Jepang

Buku The Life Changing Magic of Tidying Up oleh Marie Kondo

Buku ini tentang apa sih? Oke, sekarang ayo kita bahas tentang bukunya setelah tadi sudah panjang lebar ngomongin tentang asal mula aku bisa baca buku ini. Kita bahas mulai dari penulisnya dulu ya, penulisnya Marie Kondo adalah orang jepang yang sudah dari kecil menyukai / menggilai kerapian bahkan dari umur 5 tahun saja dia hobinya baca majalah atau buku-buku tentang interior, organazing dan buku-buku lain yang berhubungan dengan menata dan merapikan barang. Memang ya, kalau sudah hobi/passion itu kadang bisa terlihat atau kerasa dari usia dini. Beruntungnya mereka yang bisa mengenali passion mereka dari usia dini, jadi ga bingung passionnya itu apa ya pas gedenya. Hehe.

 

Nah, apa yang dibaca dari buku dan majalah itu nggak cuma dibaca doank tanpa praktek seperti saya yang suka begitu. Tapi si Marie Kondo ini praktekkin teknik berbenah dan menata barang-barang di rumah yang dibacanya, mulai dari membuat tempat penyimpanan sendiri dari karton sampai teknik menyingkirkan 1 barang setiap harinya, tapi setelah mempraktekkan banyak teknik dan metode yang diajarkan, dia tetap merasa kerapian rumahnya tidak bertahan lama dan merasa frustaai akannya, bagaimana pun kerasnya dia berusaha merapikan hasilnya hanya bertahan untuk sementara saja.

Sampai akhirnya dia menemukan satu buku yang berjudul, seni membuang. Di mana isi dari buku tersebut menyatakan bahwa akar dari permasalahan setiap orang yang susah merapikan barangnya adalah karena barangnya terlalu banyak. Dia pun akhirnya mencoba teknik ini, dan ternyata hasilnya bikin terkagum-kagum. Setelah menyortir dan membuang berkantong-kantong barang-barang yang ga diperlukan / jarang digunakan dari kamarnya sendiri saja, suasana kamarnya langsung terasa berbeda. Barang-barang menjadi leboh sedikit, udara terasa lebih ringan, dan kamar terasa lebih luas. Dan akhirnya dia menyadari bahwa sebenarnya inti dari masalah menata barang adalah yang terlalu banyak barang.

Spark Joy = Memberikan Perasaan Bahagia

Dari sana akhirnya mengembangkan metode tersebut dan memunculkan ide kriteria dalam memilah barang. Metode yang dikembangkan dinilai sangat efektif, yaitu hanya menyimpan barang-barang yang menimbulkan kebahagian (spark joy) dan membuang yang tidak memberikan perasaan bahagia. Caranya keluarkan barang dengan kategori yang sama, misalnya pakaian. Keluarkan semua pakaian yang ada di lemari atau yang kamu simpan di mana saja, kamu pasti mikir, wah, cape banget harus ngeluarin semua baju yang akhirnya nanti akan dimasukkin ke dalam lagi, apa ga bisa ya milih-milihnya langsung dari lemari saja. Jawabannya : tidak bisa. Dengan mengeluarkan semua baju dari dalam lemari dan taruh di satu tempat, kita jadi bisa melihat dan merasakan lebih jelas apakah baju tersebut menimbulkan perasaan bahagia atau tidak/biasa-biasa saja. Uniknya cara dia memperlakukan setiap barang itu seperti barang tersebut punya perasaan, untuk barang yang tidak menimbulkan perasaan senang dan harus kita buang, kita ga hanya buang begitu saja, tapi kita juga mengucapkan terima kasih sudah pernah memberikan rasa senang ketika kita membelinya dan sudah pernah melindungi tubuh kita. Kedengarannya aneh ya, tapi ya begitulah uniknya metode dia.

Tujuan dari memilah barang yang hanya memberikan perasaan bahagia untuk kita simpan adalah agar kita dikelillingi oleh barang-barang yang dapat memberikan perasaan bahagia/senang setiap kali melihat barang tersebut dan semakin sedikit barang yang kita punya artinya lebih sedikit pula usaha dan waktu yang harus kita keluarkan untuk merapikannya.

Mulailah Membereskan Dimulai dari Kategori Yang Paling Gampang

Saat akan membereskan barang, kamu pasti bingung kira-kira mulai dari mana ya? Kebanyakan orang biasanya membereskan barang berdasarkan ruang. Misalnya membereskan kamar tidur hari ini, besoknya ruang keluarga. Tapi kok rasanya semalam sudah membereskan barang yang sama ya misalnya buku-buku. Yang ada, barang-barang yang dibereskan banyak yang sama dan berulang-ulang. Ternyata didalam buku itu ngajarin teknik berbenah yang benar adalah per kategori misalnya pakaian. Keluarkan semua pakaian kamu di lemari, yang di tempat strikaan, yang akan dicuci, cari lagi di tempat lain, biasanya suka ada tuh satu dua nyelip di tempat lain. Pilah pilih yang mau kamu simpan (yang membangkitkan kebahagiaan) dan singkirkan yang tidak mau kamu simpan.

Agar metode KonMari bisa sukses, intinya adalah kamu harus tegaan. Meskipun memang sayang ya buang-buang barang yang terlihat mubazir. Apalagi barang itu harganya lumayan dan dibeli pake uang hasil kerja keras. Huhu. Tapi percayalah setelah membuang barang-barang yang tidak kamu perlukan dan hanya menyimpan barang-barang yang memberikan perasaan bahagia, hidup kamu akan terasa lebih ringan. Tanpa dibebani/dikelilingi begitu banyak barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Rumah/ruangan terasa lebih lapang dan udara lebih ringan.

Sediakan Rumah/Tempat Untuk Setiap Barang

Setelah selesai memilah-milah barang yang mau kamu simpan, sekarang saatnya kamu menata kembali barang-barang tersebut. Sediakan tempat/rumah untuk setiap barang, iya, setiap barang. Barang sekecil apa pun. Tujuannya adalah kamu tau barang itu akan disimpan di mana saat uda nggak dipake lagi. Pas kamu nyarinya juga gampang, ga perlu nyari sampe ngubek-ngubek barang lain yang bikin habis waktu dan stres. Masuk akan bukan?

Usahakan untuk selalu meletakkan barang tersebut ke tempatnya segera setelah nggak digunakan, dengan begitu rumah kamu akan senantiasa rapi dan bebas berantakan.

_____________________________________________________________________________________________

Judul Buku : The Life Changing Magic of Tidying Up

Penulis : Marie Kondo

Beli di : www.grobmart.com

Rating : 9/10

Buku ini cocok untuk siapa saja yang suka menata dan membereskan rumah sekalipun kamu merasa kamu sudah jago banget dalam urusan menata dan beberes rumah, ataupun pemula yang baru mau belajar untuk hidup lebih rapi, karena bukunya dilengkapi panduan langkah demi langkah sederhana yang gampang diikuti. Aku yakin banyak ide dan ilmu yang ada di buku ini yang nggak terpikir oleh kamu, pasti kamu manut-manut sambil membacanya. Hehe. Meskipun idenya terdengar sederhana tapi ternyata benar dan efektif jika dipraktekkan. Atau siapapun yang merasa ingin mengubah hidupnya, karena sudah banyak testimoni dari klien Marie yang mengatakan bahwa hidupnya berubah setelah melakukan KonMari Method. Misalnya sudah lama ingin menurunkan berat badan, tapi tidak berhasil tapi setelah mempraktekkan KonMari Method berhasil menurunkan berat badannya.

Kamu pasti bertanya apa hubungannya beberes rumah sama sampai bisa merubah hidup segala? Dengan mempraktekkan Konmari Methid, secara tidak sadar intuisi/perasaan kita diasah dalam pengambilan keputusan apa hal-hal yang penting dan kita sukai dalam hidup. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak kita perlukan atau jarang terpakai, kita sebenarnya sudah mengurangi beban kita karena siapa yang nggak mumet sih uda cape aktivitas seharian di luar terus pulang-pulang lihat rumah barang berantakan. Hidup dikelilingi barang dan hal-hal yang kita sukai dan memberikan perasaan bahagia membuat hidup terasa menyenangkan.

Tulisannya cukup ringan dan gampang dipahami, menceritakan latar belakang penulis dan perjalanannya mengubah passion menjadi karir.

Untuk belajar sesuatu tentu kita harus belajar kepada ahlinya, tidak salah lagi kalo kita mau belajar dari penulis yang dijuluki sebagai Queen of Tidying. Untuk menggunakan jasanya saja orang harus masuk ke daftar waiting listnya sampai 3 bulan ke depan. Gokil nggak tu? Padahal terdengar sepele ya cuma beberes-beres rumah siapa yang nggak bisa, tapi ternyata nggak semua orang menguasai teknik yang tepat untuk menjaga agar rumah senantiasa rapi nggak cuma rapi 2-3 hari.

Aku yang setelah menghabiskan waktu 2 hari membaca habis bukunya yang setebal 200 halaman, memutuskan untuk mempraktekkan apa yang diajarkannya di dalam bukunya. Meskipun tidak bisa seperti yang dia bilang lebih baik beres-beres sekaligus daripada sedikit-sedikit setiap harinya seumur hidup, karena keterbatasan waktu dan pekerjaan. Dari kegiatan praktek bersih-bersih tersebut menghasilkan sekitar 8 kantong “Sampah” (hal yang jarang aku pakai/tidak pernah digunakan)  Itu baru 1/5 barang di dalam rumah yang dibereskan, masih banyak yang harus aku bereskan pelan-pelan, karena mengerjakannya sendiri sambil ngurus anak, suami dan rumah, jadi hampir nggak mungkin untuk membereskannya sekaligus.

Satu kata untuk buku ini : Bagus dan Recommended.

Buku ini telah diterjemahkan ke banyak bahasa, dan dijual di berbagai negara. Untuk kamu yang pengen baca bukunya dalam bahasa inggris, mungkin kamu bisa beli di Amazon. Coba deh klik foto di bawah, untuk liat preview bukunya di Amazon, karena di Amazon dikasih liat isi dalam bukunya meskipun cuma beberapa halaman, setidaknya kamu bisa tau kira-kira isi dalam buku tersebut gimana.

Di Amazon.com, selain buku dalam bentuk fisik, kita juga bisa beli buku dalam bentuk kindle/digital, jadi bacanya tinggal dari hp dan tablet, lebih gampang untuk kamu yang suka baca yang versi digital dan harganya lebih murah dibandingin harga buku bentuk fisik, nggak kena ongkir lagi. Hihi. Tinggal kamunya saja pilih suka buku fisik atau digital. Tersedia juga dalam bentuk Audible, dalam bentuk suara, kayak kita dibacain isi bukunya, jadi tinggal dengarin. Cocok untuk orang yang lebih suka audio.

Sudah banyak orang yang membuktikan efek positif setelah membaca buku ini, sekarang giliran kamu nih. Aku jamin sih nggak akan nyesal kamu menyisihkan uang dan waktu untuk membacanya. Kalau kamu uda baca bukunya, komen di bawah ya, apa pendapatmu tentang buku ini dan bagaimana setelah mempraktekkan KonMari Method. Makasih ya sudah meluangkan waktu untuk membaca review aku 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *