Review Ikea Tokig – Salad Spinner/Pengering Sayuran

Setiap akan memasak sayuran, tentunya pasti kita akan mencucinya lebih dulu. Biasanya yang kita gunakan untuk mencuci adalah baskom + peniris. Dua benda ini sudah satu paket kalo untuk urusan mencuci sayur. Baskom untuk tempat mencuci sayur dan peniris untuk tempat menampung (sementara) sayuran yang kita keluarkan dari air. Biasanya setelah pencucian tahap akhir, aku akan biarkan sayuran tetap di peniris biar airnya turun sendiri atau aku goyang-goyangkan penirisnya agar kadar air yang ada di sayur berkurang. Yang aku cerita barusan adalah cara yang biasa aku pakai untuk mencuci dan mengeringkan sayuran sebelum aku ketemu sama satu benda ajaib (mulai lebay) yang bisa mengurangi kadar air cukup dratis dibandingkan dengan cara yang biasa aku lakukan, yaitu Ikea Tokig – Salad Spinner/Pengering aka Peniris Sayuran. Setelah aku coba sekian lama, aku akan coba review ikea tokig ini.

Salad Spinner* Bisa kamu lihat foto di atas, kelihatan ada air di bagian bawah baskom transparannya. Itu adalah hasil aku keringin/putar pertama beberapa kali.

Gimana kok aku bisa nemu si Ikea Tokig ini? Sebenarnya aku tahunya dari postingan orang di instagram. Hehe. Soalnya aku suka lihat-lihat tentang food prep gitu, terus di salah satu postingan ada si Ikea Tokig ini. Aku lihat kok lucu ya, lalu seperti biasa, googling dan kemudian pesan online. Ya karena di sini nggak ada Ikea. Mau nggak mau pesan online. Untungnya sekarang belanja bisa online, jadi lebih gampang kalo mau beli apa-apa. Dulu sih pernah tau, peniris minyak untuk gorengan keripik atau kayak kering kentang gitu, modelnya hampir mirip, pake mutar gitu jadi nanti airnya ciprat-ciprat/terpental ke bagian sisi bagian luar baskom dan jatuh ke bawah di luar tempat keripik ini, jadi yang di dalam minyaknya berkurang. Ternyata yang Ikea Tokig ini sistem kerjanya sama seperti itu, bedanya hanya yang Ikea Tokig dari bahan plastik dan nggak perlu pakai listrik ya. Kalo yang peniris minyak itu mungkin pakai listrik.

 

———————————————————————————————–

Review Ikea Tokig – Salad Spinner/Pengering Sayuran

Nama Barang : Ikea Tokig – Salad Spinner/Pengering Sayuran

Harga : 44.000 (harga beda-beda, tergantung penjual)

Beli : Online

Rating : 8/10

Rekomen/Nggak : Rekomen

 

1 set Ikea Tokig ada 3 pcs, terdiri dari satu baskom bagian luar berwarna transparan, satu baskom peniris warna putih dan penutup dengan knob warna putih juga.

Dari luar kelihatannya mungkin biasa saja, tapi setelah pakai aku cukup takjub dengan kemampuan untuk mengeringkan sayuran. Memang nggak 100% kering, ya kalo dipikir mana mungkin kadar airnya bisa berkurang 100% dikeringkan pakai peniris seperti ini, maksud aku kecuali dijemur/dioven mungkin iya bisa kadar airnya bisa hilang 100%. Ini kan membantu mengurangi kadar air bukan menhilangkan kadar air sampai kering sama sekali. Jadi jangan nanti ada yang komplen bilang kok masih ada airnya ya.

 

Pengering SayuranAku boleh bilang yang ciptain produk ini idenya sederhana tapi brilian. Benda yang sangat membantu dalam urusan mencuci dan menyiapkan sayuran untuk dimasak. Terlebih lagi jika sayuran yang ingin kita food prep / disiapkan untuk disimpan di kulkas yang nantinya tinggal dikeluarin langsung dimasak. Di mana kadar air yang ada di sayuran yang mau di simpan di kulkas harus seminimal mungkin biar daya tahan sayur/bahan makanan bisa lebih lama.

 

Cara Kerjanya / Cara Penggunaannya

  • Mencuci sayuran/bahan makanan. Untuk digunakan mencuci sayuran ya seperti biasa ya. Biasanya aku taruh sayur/bahan makanan yang akan dicuci di dalam baskom transparan kemudian tampung air secukupnya sampai menutupi sayuran/bahan makanannya lalu digosok-gosok dengan tangan agar kotoran yang menempel bisa lepas. Kemudian tiriskan sayuran dengan baskom peniris yang berwarna putih. Ulangi sampai beberapa kali, biasanya aku sekitar 3-4x untuk sayuran, tergantung tingkat kekotorannya juga. Sesuai kebutuhan saja.

 

  • Mengeringkan/meniriskan sayuran/bahan makanan. Setelah pencucian tahap Pengering Sayuranterakhir dan sayuran ditiriskan, masukkan baskom peniris beserta sayur yang akan dikeringkaan ke dalam baskom transparan lalu tutup dengan penutupnya, pastikan posisinya sudah pas ya. Lalu putar knop yang ada di atas penutupnya beberapa putaran. Tunggu sampai putaran baskom penirisnya berhenti, baru buka penutupnya. Biasanya airnya akan jatuh ke bagian bawah baskom transparannya. Aku biasa buang dulu, lalu ulangi lagi 1-2x biar lebih maksimal keringnya.

Yang aku suka dari Ikea Tokig :

  • Bisa mengurangi kadar air sampai 90% (perkiraan/hitung-hitungan aku sendiri ya). Sangat membantu untuk mengeringkan sayuran, jadi masakan lebih enak kalo kita tumis, kalo kadar airnya masih banyak, ketika kita tumis yang ada kualinya jadi banjir air, minyaknya malah ketutup jadinya tumis pake air dong. Ini yang aku rasakan sendiri ya. Hehe. Kadang aku gunakan juga untuk ikan dan udang. Pas gorengnya lebih enak, lebih ga banyak cipratan minyak dan nggak biasanya kalo kadar air di ikan atau udang masih lumayan banyak, kecampur sama minyak, malah suhunya langsung turun dratis, nggak panas lagi. Ibu-ibu pasti tau bedanya kalo menggoreng dengan minyak panas dan minyak kurang panas.

 

  • Ukurannya pas. Untuk kami yang keluarga kecil (cuma bertiga, suami istri + 1 anak), ukuran Ikea Tokig pas untuk menampung jumlah sayur untuk sekali masak (dua kali makan). Kalo yang rumahnya rada rame, yang sekali masak harus banyak, mungkin bisa dilakukan beberapa trip ya pengeringan ya kalo dirasa terlalu kecil nggak bisa muat banyak sayuran.

 

  • Ada anti selip di bagian bawah baskom. Jadi pas kita putar bagian atas tutupnya itu Salad Spinneryang sedikit banyak mengeluarkan tenaga, baskomnya tetap di tempat, nggak geser-geser karena ada anti selipnya berupa cincin karet di sekeliling bagian bawah baskom transparannya. Kan nggak lucu ya kalo baskomnya geser-geser pas kita putar karena kan kita putarnya sambil ngeluarin tenaga juga, tanpa anti selip pasti sedikit banyak bisa geser apalagi kalo bagian bawah baskom berair/licin.
  • Baskom Transparannya Lumayan Tebal. Meskipun harganya boleh dibilang nggak terlalu mahal, terjangkau lah tapi kualitas dan ketebalan baskom transparannya pantas diacungi jempol. Tebal dan nggak bau plastiknya. Ntah kenapa aku paling nggak suka plastik yang bisa ngeluarin bau khas bau plastik gitu (kamu ngerti lah ya maksud aku gimana).

 

  • Warnanya bening dan putih. Akhir-akhirnya aku lagi mengandrungi barang-barang yang warnanya transparan/putih saja, kelihatan lebih simpel, bersih dan enak dipandang. Dibandingkan barang-barang yang berwarna. Untungnya Ikea Tokig ini warnanya transparan dan putih, jadi sesuai selera aku deh.

 

Yang aku kurang suka dari Ikea Tokig :

  • Bagian baskom peniris warna putihnya agak lunak/lembek. Ini menurut aku ya, aku hanya takut bisa patah, karena bagian jaring-jaringnya cukup tipis. Tapi mungkin hal ini sudah dipertimbangkan sama produsen ya.
  • Nggak ada penyangga/kaki di peniris. Biasanya di baskom ada penyanggah/kaki di bagian bawahnya, pendek saja biasanya atau kayak bulatan kecil di sekeliling bagian bawah baskom. Dengan adanya penyangga/kaki ini jadi bagian bawah baskom/peniris nggak langsung bersentuhan dengan permukaan. Kadang kan suka ceroboh, asal naroh baskom/peniris, kalo yang nggak ada penyangga/kakinya, pas nggak sengaja taruh di tempat yang kurang bersih, langsung kena bagian bawahnya jadi kotor. Jadi pastikan naruhnya ke permukaan yang bersih, jangan asal taruh. Mungkin untuk model Ikea Tokig nggak memungkinkan untuk dikasih kaki, karna jadinya ntar malah nggak bisa putar. Itu sih menurut aku yah. Biasanya aku pegangin sementara, lalu buang air yang ada di baskom transparan dan masukin saja ke baskom transparannya. Aman deh.

 

  • Agak susah cuci bagian tutupnya. Bagian dalam tutupnya ditutupi seperti jaring-jaring gitu, jadi agak susah mau cucinya. Aku nggak tau sih bisa dibuka nggak, ga berani paksa, takut rusak. Sayang kalo rusak. Biasa aku akalin dengan mencucinya pake sikat kecil sih. Yang bisa menjangkau sela-sela jaringnya. Bisa pakai sikat dot botol yang ukuran kecil itu.

 

Terlepas dari beberapa hal yang kurang aku suka, secara keseluhan aku suka ya dan boleh dibilang sangat terbantu dalam kegiatan menyiapkan sayuran dan bahan makanan untuk dimasak. Aku gunakan setiap kali menyiapkan makanan untuk dimasak dari semenjak beli. Aku kasih nilai 8 karena masih ada kekurangan tersebut, tapi sesuai sih dengan harganya. Well, aku juga sepertinya akan membelikan satu untuk mama aku yang di daerah. Aku rasa semua orang perlu punya satu. Aku harap review Ikea Tokig ini bermanfaat ya. Untuk kamu yang belum punya, jadi kamu bisa punya gambaran seperti apa Ikea Tokig ini.

 

Review ini murni pendapat aku sendiri dan tidak disponsori/endorse ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *