Situs Belanja Online Terbaik – Belanja Perlengkapan Rumah Jadi Semakin Mudah

Siapa di sini yang suka belanja online? Ayo tunjuk jarinya. Nggak usah tunjuk jari juga aku yakin kamu pasti pernah belanja online atau malah sering. Hehe. Jujur saja kalo aku sih bisa dibilang sering/suka belanja online (ngaku sendiri). Emang belanja online barang apa aja? Macem-macem lah pokoknya, mulai dari baju, perlengkapan rumah, mainan anak, sampai makanan kering (kalo yang basah belum pernah nyoba). Maka dari itu aku akan bahas serba serbi belanja online dan situs belanja online terbaik di Indonesia menurut aku. Aku akan bahas situs terbaik belanja online indonesia yang bisa jadi pilihan kamu dalam berbelanja online serta kelebihan dan kekurangan kalo kita belanja online.

 

Seiring perkembangan teknologi, banyak hal yang bisa dilakukan melalui internet. Salah satunya yaitu belanja online. Belanja atau membeli suatu barang sekarang bisa dilakukan tanpa harus pergi langsung ke toko fisik yang menjual barang tersebut, tapi juga bisa dilakukan secara online. Apalagi belanja online bukan lagi hal yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang jago teknologi, bisa dilakukan oleh siapa saja yang menguasai sedikit dasar internet. Tidak harus lewat komputer/pc/notebook, karena sekarang situs besar belanja online indonesia sudah menyediakan aplikasi yang khusus dirancang untuk mempermudah transaksi belanja online.

 

Para pebisnis berlomba-lomba menciptakan kemudahan bagi orang dalam berbelanja online. Banyak penawaran dan promo menarik yang ditawarkan untuk menarik minat pembeli. Belanja online menjadi alternatif aku kalo barang yang ingin dicari nggak dijual di kota kami atau cuma dijual online saja. Awalnya takut-takut belanja online, takut ditipu dan barang nggak nyampe. Lama-lama jadi ketagihan untuk belanja online.

Terus selama belanja online pernah kena tipu nggak? Pernah. Dulu pernah pesan kardus untuk keperluan usaha. Awalnya seperti biasa tidak ada yang mencurigakan, dibuatin invoice plus ada tanda tangan managernya lagi. Setelah menunggu sampai waktu yang dijanjikan kok belum ada kabar kelanjutan barangnya gimana. Aku coba hubungi sudah nggak ada balasan lagi. Waktu itu aku belanjanya modal search di google dan dapat websitenya. Uda kena tipu terus kapok nggak? Awalnya kepikiran sih, takut kena tipu tapi dari sana aku belajar untuk lebih waspada kalo mau beli sesuatu online. Lebih baik belanja di situs belanja yang sudah ada namanya dan terpercaya.

 

Belanja online yaitu kita beli barang tanpa melihat barang tersebut secara fisik, yang bisa kita lihat hanyalah foto produk tersebut. Media belanja online juga beragam, mulai dari social media seperti facebook dan instagram ataupun lewat website. Bedanya kalo belanja lewat social media, penjual biasanya memasang foto dan info produk jualannya, untuk membeli foto tersebut kita harus menghubungi penjual untuk menanyakan perihal detail barang misalnya harga (kadang ada penjual yang tidak mencantumkan harga) dan info produk lebih jelas, kalo kita merasa cocok dengan barangnya, kita bisa pesan dan penjual akan memberikan totalan beserta ongkir atas pengiriman barang tersebut ke alamat kita.

 

Beruntung bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, kalo nyari barang nggak susah karena barang-barang yang dijual lengkap. Bagi kami yang tinggal di kota/daerah kecil kadang kesusahan untuk nyari suatu barang, pilihan barangnya terbatas dan tidak selengkap yang ada di kota-kota besar. Kalau pun ada, kadang dapatnya juga harus keliling dulu.

 

Maka dari itu dengan perkembagan teknologi saat ini dan kemudahan berbelanja online, aku sering kali beli barang mulai dari barang keperluan anak sampai perlengkapan rumah dari online. Lebih gampang untuk aku karena tinggal lihat-lihat lewat layar hp mana yang paling sesuai.

 

Kelebihan Belanja Online :

  •  Gampang untuk bandingkan harga, bisa cari yg paling murah. Kalau di toko offline kan kita harus keluar masuk toko yang satu ke toko yang lain untuk bandingin harga produk yang sama. Maklum emak-emak, kalkulator dagangnya hebat, apalagi untuk barang yang harganya mahal, selisih harganya bisa lumayan. Kalau di toko online, kita tinggal klak klik aja untuk bandingin harga. Atau biasanya aku suka pake fitur filter, pilih harga, nanti disortir dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal, jadi nggak usah capek, karena sudah disortir otomatis sama sistem websitenya.
  •  Lebih efisien dan hemat waktu. Belanja online bisa kita lakukan di rumah kalau lagi senggang, misalnya kalau anak uda tidur. Untuk yang ga sempat keluar rumah apalagi punya baby yang masih kecil, keluar rumah itu repot sekali apalagi bawa baby nggak bisa tenang belanjanya.
  •  Pilihan barang banyak. Pilihan barang yang ada toko online sangat banyak sampai kadang bingung milihnya sangkin banyaknya pilihan. Tentunya kita akan pilih yang paling bagus, baik dari segi harga maupun pertimbagan lainnya sesuai dengan keinginan kita.

 

Kekurangan Belanja Online :

  • Nggak bisa lihat, pegang dan coba barangnya langsung. Salah satu kekurangan belanja online yaitu kita nggak bisa lihat, pegang dan coba barangnya langsung. Yang kita bisa kita lihat hanya foto dan info produknya saja. Biasanya aku akan cari tahu sendiri info barang yang mau aku beli, terus cari-cari reviewnya di internet. Kira-kira mana yang paling bagus, biasanya pakai feeling aja sih.
  •  Kadang barang ga sesuai harapan. Karena barangnya kita cuma bisa lihat lewat foto memang kadang barang yang datang nggak selalu sesuai apa yang kita pikirkan. Aku juga sendiri pernah ngalamin beberapa kali, ya namanya belanja online barang nggak sesuai sudah resiko kita. Kedepannya harus lebih cermat lagi baca info produk mau pun baca review dari orang yang sudah coba/pakai produk tersebut.
  •  Berat ongkir untuk barang yang besar. Belanja online yang notabene kita cuma nunggu barangnya diantar ke rumah, berarti butuh jasa dan ongkos untuk pengiriman barang tersebut. Biasanya biaya ongkir dibebankan ke kita sebagai pembeli. Biaya ongkir minimal dihitung 1 kg, meskipun barangnya ringan nggak sampe 100 gram, tetap dihitung 1 kg. Kalau untuk barang kecil sih mungkin nggak berasa ya ongkirnya. Tapi untuk barang yang berat atau volumenya besar akan berasa ongkirnya. Apalagi yang barangnya murah, bisa-bisa ongkir lebih mahal dari barangnya. Hehe.
  •  Perlu waktu untuk barang nyampe. Karena barang perlu dikirim dari tempat penjual ke kita melalui jasa pengiriman pasti perlu waktu dong ya, apalagi kalo penjualnya di luar kota. Normalnya sih butuh 2-3 hari untuk pengiriman ke kota-kota besar. Kalau ke daerah mungkin bisa agak lama. Kadang barang nyampe bisa melebihi estimasi waktu. Meskipun kadang kita mintanya pakai pengiriman yang sehari nyampe, tapi kadang-kadang bisa nyampenya lebih dari yang dijanjikan. Kendala bisa saja dari pihak penjual ataupun jasa pengirimannya yang lagi overload.

Saran aku, kalo belanja barang jangan pas mepet waktunya. misalnya belanja baju lebaran pas uda h-2 atau h-1, padahal pengen dipake buat lebaran, kemungkinan kamu akan kecewa karena barang nyampenya lama. bisa-bisa sesudah lebaran baru nyampe (ini uda kemungkinan terburuk), kalau bisa sih belinya 2 minggu, paling nggak 1 minggu sebelum lebaran uda paling minimal untuk pengiriman luar kota ya. Lain kalo bisa pakai jasa kurir yang instant kayak go-send(gojek) gitu dan masih dalam satu kota.

 

Berikut situs/website belanja online terbaik Indonesia menurut aku :

1. Lazada (www.lazada.co.id)

2. Blibi (www.blibli.com)

Blibli

 

3. Mataharimall (www.mataharimall.com)

Mataharimall

4. Blanja (www.blanja.com)

5. JD.id (www.jd.id)

 

6. Shopee (www.shopee.co.id)

 

Situs/website di atas yang aku sebutkan, konsepnya seperti mall ya, cuma bedanya ini online. Di sana banyak penjual yang menjual berbagai pilihan barang dari fashion, kosmetik, perlengkapan rumah, perlengkapan bayi, elektronik, makanan, sampai automotif. Pokoknya banyak banget dah. Semua yang bisa kamu pikirkan, hampir semuanya ada dijual. Dari yang harganya murah sampai yang mahal. Kamu tinggal pilih saja mau yang mana.

Semua situs belanja yang aku sebutin di atas masing-masing ada aplikasi yang bisa didownload di hp kamu, jadi tampilannya dan penggunaannya lebih enak karna memang diperuntukan khusus untuk pemakaian di hp. Tapi kalau kamu lebih suka lihat di PC/komputer, kamu bisa langsung buka websitenya saja. Aku pribadi lebih suka belanja lewat aplikasi sih, lebih gampang. Buat yang pengen kepo/lihat2 situsnya bisa langsung klik tulisan/nama website atau gambarnya, akan langsung kebuka di halaman baru, jadi nggak usah cape ketik manual. Hehe.

 

Kelebihan belanja lewat situs/website atau aplikasi mereka (di hp) dibandingkan belanja lewat social media (facebook/instagram) :

1. Proses Belanja Bisa Lebih Cepat

Website sudah dirancang sedemikian rupa, info produk yang ditampilkan biasanya lengkap. Sistem website juga bisa bisa menghitung perkiraan ongkir yang perlu kita bayarkan secara otomatis.

2. Jaminan

Biasanya ada jaminan pengembalian barang apabila barang yang kamu terima tidak sesuai, atau ada keluhan. Jaminan uang juga karena uang kamu transfer ke pihak ketiga seperti pihak Lazada, Shopee. Uang mereka tahan sampai kamu terima barangnya baru diteruskan ke penjual. Jadi bisa menghindari barang yang ngggak dikirim sesudah transfer atau penjual hilang ntah ke mana.

3. Lebih mudah bandingkan harga (cari harga termurah)

Kamu bisa dengan mudah untuk bandingkan harga untuk produk yang kamu mau beli. Tinggal jugakan fitur filter, pilih harga untuk menampilkan barang dengan harga yang paling murah sampai yang paling mahal untuk barang yang sama tapi dijual oleh penjual yang berbeda. Jadi kamu nggak usah cape bolak balik cek harga toko yang satu dengan yang lainnya.

4. Promo menarik

Biasanya banyak promo menarik yang ditawarkan oleh website-website yang aku sebutin di atas tadi. Apalagi kalau ada event-event tertentu misalnya Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Nah kita bisa manfaat tu promonya. Atau promo voucher untuk pelanggan yang pertama kali belanja, kan lumayan tuh ya, bisa hemat.

5. Bisa bayar di tempat / Cash On Delivery (COD)

Untuk yang belum punya ebanking, yang mengharuskan ke atm untuk transfer pembayaran belanja online pasti repot ya kalo misalnya lagi sibuk belum sempat transfer. Atau untuk kamu yang baru mau belanja online, takut tipu-tipu. Nah, kamu bisa menggunakan fasilitas bayar di tempat. Di mana barang nyampe di rumah, kamu baru bayar.

6. Beragam metode pembayaran

Website di atas juga menyediakan banyak metode pembayaran, mulai dari berbagai pilihan bank yang bisa kamu pilih sesuai bank yang kamu punya untuk menghindari biaya adm untuk transfer antar bank sampai bisa bayar lewat indomaret, jadi mempermudah kamu yang belum punya rekening bank (untuk yang nggak bisa bayar di tempat).

Yang perlu diperhatikan saat belanja di marketplace :

1. Penjualan per penjual. 

Untuk website marketplace seperti yang aku sebutin tadi di atas, dimana banyak penjual di sana. Meskipun kamu belanjanya di satu website, tapi kalo penjualnya beda, kamu tetap diharuskan 2x bayar ongkir. Karena penjual masing-masing akan mengirimkan kamu barang dari tempat mereka masing-masing. Barang tidak bisa digabung dari penjual yang berbeda. Saran aku,coba saja kamu browsing-browsing, kira-kira mana penjual yang menjual barang-barang yang mau kamu beli. Kalau kamu mau beli 2-3 jenis barang, tapi penjual A cuma ada 1 barang, barang yang lain dia nggak jual. Cari lagi penjual yang lain yang jual semua barang yang mau kamu beli. Biasanya sih ada penjual yang memang jualannya banyak dan lengkap. Tapi kalo memang nggak ada, ya terpaksa kamu beli di 2 penjual dan bayar 2x ongkir.

2. Pilih seller yang reputasi/ratingnya bagus.

Di website yang aku sebutkan di atas, biasanya ada fitur reputasi/rating untuk setiap penjualnya. Biasanya selain pertimbangan harga, aku juga cek reputasi tokonya. Kalau reputasinya jelek, misalnya banyak komen pelanggan barang nggak sesuai, packing jelek, pengiriman lama, maka aku langsung skip penjual itu, meskipun harga barangnya murah. Aku lebih pilih penjual dengan reputasi yang baik, karena reputasi itu kan diberikan pelanggan tentang pengalaman belanja mereka dengan penjual tersebut, jadi kita tau kira-kira penjual itu kayak gimana.

3. Jangan lupa cek harga.

Sekarang ini banyak penjual yang menjual barang yang notabene sama, mungkin suppliernya sama tapi harga jualnya beda-beda. Harga jual mereka kalau aku rasa mungkin dipengaruhi keuntungan yang diambil sama penjual + ongkir ke tempat mereka masing-masing. Tentunya kita sebagai pembeli pasti nyari harga yang paling murah untuk barang yang sama, ya kan? Untuk mempermudah cari harga yang paling murah, seperti aku bilang tadi di atas, biasanya aku suka pake fitur filter di website. Jadi barang nanti akan ditampilkan dari harga yang paling murah sampai yang paling mahalnya. Setelah cek harganya, aku cek lagi ongkirnya yang paling murah/dekat ke kota aku yang mana. Maklum emak-emak, kalkulator dagangnya besar. Kalau bisa hemat, kenapa nggak?

 

Terlepas dari beberapa kekurangan dari belanja online, aku tetap suka belanja online karena kemudahan dan banyak pilihan barangnya, terlebih di daerah kami kadang agak susah mau nyari barang. Ada sensasi tersendiri saat kita menerima paket dari abang kurir. Barang terakhir yang aku beli online yaitu Ikea Tokig, Salad Spinner, alat/baskom 2 in 1 yang berfungsi untuk mengurangi kadar air pada sayur. Nanti kapan-kapan aku review ya.

 

Kalo kamu gimana? Suka belanja online juga nggak? atau lebih suka belanja offline/datang langsung ke toko? Kalau suka belanja online, kamu biasanya belanja di mana? Cerita-cerita donk di kolom komentar di bawah. Kalau ada yang pengen kamu tanyakan, tanya aja ya. Aku akan dengan senang hati menjawabnya kok. Gratis, tidak dipunggut biaya. Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *